Jumat 08 Sep 2023 07:14 WIB

5 Kebiasaan Sehari-hari Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW adalah sebaik-baik teladan dalam setiap hal.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung mengamati artefak telapak kaki Rasulullah SAW di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (25/3/2023). Pameran artefak tersebut menyajikan sebanyak 24 artefak peninggalan Rasulullah SAW bersama para Sahabat seperti perlengkapan perang, sorban, batu pondasi kabah, janggut hingga rambut Rasulullah SAW. Pameran ini menjadi alternatif destinasi wisata religi di bulan Ramadhan sekaligus menjadi sarana edukasi bagi masyarakat terkait sejarah dan perjuangan Rasulullah SAW bersama para Sahabatnya.  Pameran tersebut digelar hingga 14 April 2023 mendatang dengan tiket perorang mulai dari Rp65 ribu hingga Rp350 ribu per orang.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung mengamati artefak telapak kaki Rasulullah SAW di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (25/3/2023). Pameran artefak tersebut menyajikan sebanyak 24 artefak peninggalan Rasulullah SAW bersama para Sahabat seperti perlengkapan perang, sorban, batu pondasi kabah, janggut hingga rambut Rasulullah SAW. Pameran ini menjadi alternatif destinasi wisata religi di bulan Ramadhan sekaligus menjadi sarana edukasi bagi masyarakat terkait sejarah dan perjuangan Rasulullah SAW bersama para Sahabatnya. Pameran tersebut digelar hingga 14 April 2023 mendatang dengan tiket perorang mulai dari Rp65 ribu hingga Rp350 ribu per orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW adalah sebaik-baik teladan dalam setiap hal. Dan pada setiap apa yang dikerjakan dan disenangi Rasulullah pastilah terdapat hikmah yang besar dibaliknya.

Maka, setiap Muslim seyogianya terus berupaya untuk meneladani setiap apa yang dicontohkan oleh Rasulullah. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

Baca Juga

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Alquran surat Al Ahzab ayat 21).

Berikut perkara-perkara yang membuat takjub Rasulullah ﷺ maknanya yang sangat senang dilakukan atau disukai Rasulullah dan patut diteladani oleh umatnya.

1. Menyukai sesuatu dari kanan

Diriwayatkan dari Ummul Mukminin Sayidati Aisyah binti Abu Bakar Shiddiq Radiyallahu Anhuma: Berkata Sayidati Aisyah:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ، فِي تَنَعُّلِهِ، وَتَرَجُّلِهِ، وَطُهُورِهِ، وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

Nabi Muhammad ﷺ sangat menyukai memulai dengan kanan dalam mengenakan sandalnya, dan menyisir rambutnya, dan dalam bersuci dan di dalam semua urusannya. (Muttafaq alaih)

2. Mimpi yang baik

Diriwayatkan dari Annas bin Malik Radhiyallahu Anhuma, ia berkata:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يُعجبهُ الرؤيا الحسنة

Rasulullah ﷺ menyukai mimpi yang baik. (HR. Ahmad dan disahihkan Al Bani).

Maka Rasulullah ﷺ menyukai mimpi yang indah karena sesungguhnya mimpi yang baik itu kabar gembira dari Allah. Diriwayatkan dari Abi Qatadah Radiyallahu Anhu, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: Mimpi yang baik itu dari Allah dan mimpi buruk itu dari setan. (Mutafaq alaih)

Sikap optimistis...

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement