Kamis 07 Sep 2023 19:21 WIB

5 Sunnah Sholat Istisqa yang Diajarkan Rasulullah SAW, 2 di Antaranya Kerap Terlupakan

Sholat istisqa upaya untuk meminta hujan kepada Allah SWT

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat istisqa. Sholat istisqa upaya untuk meminta hujan kepada Allah SWT
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi sholat istisqa. Sholat istisqa upaya untuk meminta hujan kepada Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Sholat Istisqa adalah jenis sholat khusus dalam agama Islam yang dilakukan umat Islam untuk meminta hujan dari Allah SWT ketika ada kekeringan atau masa kekeringan yang panjang. 

Tujuan utama dari Sholat Istisqa adalah untuk mendapatkan rahmat hujan dari Allah SWT sebagai rezeki (berkah) dan penyejuk bagi tanaman, hewan, dan manusia. 

Baca Juga

Sholat Istisqa biasanya dilakukan imam dan jamaah umat Islam bersama-sama sebagai tindakan kolektif dalam menghadapi masalah kekeringan. 

Ini adalah salah satu cara untuk mengingatkan umat Islam tentang ketergantungan mereka pada Allah SWT dan pentingnya berdoa dalam mengatasi masalah alam. 

 

Selama sholat Istisqa, doa khusus dibaca untuk memohon hujan dari Allah SWT, dan umat Islam berharap Allah SWT akan mengabulkan permintaan mereka dengan mengirimkan hujan yang sangat dibutuhkan. 

Terkait tata cara pelaksanaan Sholat Istisqa telah banyak dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Namun, berbeda dengan sholat Jumat dan sholat Idul Fithr atau Idul Adha, dalam sholat Istisqa tidak disunnahkan untuk memakai parfum dan perhiasan. 

Sebab sholat Istisqa bukan waktu yang tepat untuk itu. Sholat Istisqa adalah sholat keprihatinan hamba-hamba Allah SWT atas cobaan dan azab yang turun. Bahkan tidak disunnahkan untuk datang ke tempat sholat dengan mengendarai kuda atau unta. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW: 

خَرَجَ رَسُول اللَّهِ  مُتَوَاضِعًا مُتَبَذِّلاً مُتَخَشِّعًا مُتَضَرِّعًا Artinya, "Rasulullah SAW pergi keluar rumah dengan rendah hati, (berpakaian) dalam keadaan kerendahan hati, penyerahan diri dan memohon."  

Lalu, apa saja yang disunahkan ketika melaksanakan sholat Istisqa? Ada cukup banyak hal yang disunahkan ketika mengerjakan sholat Istisqa. 

Setidaknya ada lima hal yang disunahkan sebagaimana dijelaskan oleh Pendiri Rumah Fiqih Indonesia (RFI), Ustadz Ahmad Sarwat sebagai berikut:  

1. Berjamaah 

Sholat Istisqa disunnahkan untuk dilakukan secara berjamaah, minimal ada imam dan makmumnya. Tetapi yang afdhal, sholat ini dilaksanakan dengan mengerahkan semua anggota masyarakat, termasuk para wanita dan anak-anak untuk hadir. Hal ini memberikan isyarat bahwa seluruh hamba Allah SWT telah bersimpuh memohon turunnya hujan  

Baca juga: 15 Pengakuan Orientalis Non-Muslim Ini Tegaskan Alquran Murni tak Ada Kesalahan

2. Bersedekah 

Dianjurkan juga kepada orang-orang untuk mengeluarkan sedekah, sebelum hari pelaksanaan sholat Istisqa. Mazhab Al-Hanafiyah, Asy-Syafi'iyah, dan Al-Hanabilah mengatakan bahwa diantara tugas imam adalah memberikan anjuran kepada orang-orang untuk mengeluarkan sedekah  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement