Rabu 06 Sep 2023 06:55 WIB

Bolehkah Sholat Isya Dilakukan Setelah Tengah Malam?

Waktu untuk melaksanakan sholat Isya memang yang paling panjang.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Warga menunaikan ibadah Sholat Isya di Masjid Baitul Rohman usai diresmikan di Dusun Mbaglumbu, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (25/10/2022) malam. Dompet Dhuafa melalui penyaluran program bedah surau meresmikan Masjid Baitul Rohman yang diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan pendidikan islam serta memudahkan masyarakat setempat untuk beribadah. Republika/Abdan Syakura
Foto:

"Namun, Nabi Muhammad SAW tidak pernah menyuruh umat Muslim menundanya sampai lewat tengah malam," lanjut Sheikh Ahmad Kutty.

Berdasarkan hadits yang disebutkan di atas dan kesimpulan sah lainnya, para ulama berpandangan idealnya seseorang tidak boleh menunda Isya lebih dari tengah malam. Namun, jika seseorang tidak dapat melaksanakan sholat sebelum tengah malam, maka ia tetap dapat melaksanakan sholat sebelum fajar, sepanjang waktu yang dibolehkan.

Dalam kitab Al-Mughni karya Ibnu Qudamah, ulama Mazhab Hanbali, disebutkan idealnya seseorang tidak boleh menunda Isya lebih dari sepertiga malam. Jika ia menundanya sampai tengah malam maka sah, setelah tengah malam itu adalah waktu darurah (yaitu waktu bagi mereka yang berada dalam keadaan ekstrem atau alasan yang sah).

Di sisi lain, Imam An-Nawawi yang berasal dari Mazhab Syafi'i mengatakan, "Waktu Isya yang ideal adalah sepertiga malam, lebih dari itu adalah waktu yang diperbolehkan, yang meluas hingga datangnya fajar.”

Pandangan Hanafi hampir sama dengan yang disebutkan di atas. Demikian pula yang disampaikan Imam At-Tahawi, yang berafiliasi dengan Mazhab Hanafi.

“Waktu Isya dapat dibagi menjadi tiga. Waktu ideal atau paling utama adalah sepertiga malam, setelahnya waktu yang kurang disukai adalah sampai tengah malam, yang lebih tidak disukai lagi adalah waktu lewat tengah malam hingga tibanya fajar," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement