Jumat 01 Sep 2023 10:03 WIB

Ramai Isu Pengkhianatan dalam Perpolitikan Nasional, Apa Pandangan Islam Soal Khianat? 

Islam sangat melarang pengkhianatan

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi pengkhianatan perjanjian. Islam sangat melarang pengkhianatan
Foto:

Rasulullah ﷺ bersabda,”Ada empat perkara yang barangsiapa memiliki empat perkara itu, maka dalam dirinya ia benar-benar munafik. Dan barangsiapa dalam dirinya memiliki satu dari empat perkara itu, maka pada dirinya ada sebagian sifat munafik hingga ia meninggalkannya. (Yaitu) jika ia berkata maka dia dusta, dan ketika ia diamanati dia berkhianat, ketika dia janji dia mengingkarinya, dan ketika ia berselisih maka ia meledak-ledak.”  

Lebih dari itu, khianat juga menjadi salah satu sebab yang dapat menghancurkan sebuah bangsa.  

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW yang dapat ditemukan dalam kitab at-Targib wat Tarhib dijelaskan tentang beberapa perkara yang memiliki dampak besar hingga bisa menghancurkan suatu bangsa, salah satunya adalah khianat seperti melakukan korupsi.   

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَاظَهَرَالْغُلُوْلُ فِى قَوْمٍ اِلَّا اَلْقَى اللَّهُ فِى  قُلُوْبِهِمُ الرُّعْبَ,  وَلَا فَشَاالزِّنَافِى قَوْمٍ اِلَّا كَثْرَفِيْهِمُ الْمَوْتُ وَلَا نَقَصَ قَوْمٌ الْمِكْيَالَ وَالْمِيْزَانَ اِلَّا قَطَعَ اللَّهُ عَنْهُمُ الرِّزْقَ وَلَا حَكَمَ قَوْمٌ بِغَيْرِحَقٍّ اِلَّا فَشَافِيْهِمُ الدَّمُ وَلَاخَتَرَقَوْمٌ بِالْعَهْدِاِلَّا سَلَّطَ عَلَيْهِمُ الْعَدُوُّ.   

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah tampak khianat (mengambil hak orang lain misalnya korupsi) di suatu kaum melainkan akan menjadikan Allah di hati kaum tersebut ketakutan. Dan tidaklah merajalela perizinan pada suatu kaum melainkan menjadi banyaknya kematian. Dan tidaklah suatu kaum mengurangi takaran, timbangan, melainkan akan memutus Allah dari rezeki bagi mereka. Dan tidaklah suatu kaum menghukumi dengan tidak benar, melainkan akan merajalela pertumpahan darah. Dan tidaklah suatu kaum saling mengingkari janji melainkan akan menguasai musuh pada kaum itu.” (HR Thabrani)   

Baca juga: 19 Aktivitas Keseharian Para Firaun yang Menguasai Mesir Selama Ribuan Tahun

Bila sesama anak bangsa sudah saling ingkar janji, berkhianat maka bangsa tersebut sudah menampakan kelemahannya yang memudahkan bagi musuh untuk menghancurkan bangsa itu. Maka tidak heran banyak terjadi perang saudara di suatu negara lalu adanya pihak ketiga yang menunggangi sehingga semakin memburuk. Itu bermula disebabkan terjadinya pengkhianatan, ingkar janji di antara sesamanya sendiri.  

Dalam kitab Washiyat al-Mushthafa, Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa khianat adalah salah satu perbuatan yang paling jelek dilakukan. Orang yang berkhianat pada temannya termasuk di antara golongan orang yang dicap Rasulullah SAW sebagai manusia paling jelek.  

 

وَأَشَرُّ مِنْهُ مَنْ أَظْهَرَ الصَّدَاقَةَ لِأَخِيْهِ الْمُسْلِمِ وَيُدَبِّرُ خِلَافَهَا “Dan lebih jelek lagi yaitu orang yang menunjukan pertemanan kepada saudaranya sesama Muslim tetapi merencanakan kepada saudara sesama Muslimnya itu suatu perbuatan yang bertentangan dengan pertemanan (khianat).”     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement