Selasa 29 Aug 2023 14:49 WIB

Apakah Penghuni Neraka Dikasih Makan?

Neraka menjadi tempat mereka yang bermaksiat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia di muka bumi sebagai makhluk ciptaan Allah SWT berupaya mendapatkan makanan untuk terus menjalani kehidupan. Tubuh pun terpuaskan dengan makanan yang dikonsumsinya.

Dengan makanan, seorang Muslim dapat menguatkan dirinya untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Adapun di surga kelak, seorang Muslim tentu bisa meminta segalanya. Makanan enak hingga bidadari. Lantas bagaimana jika di neraka, apakah dikasih makan?

Baca Juga

Allah SWT telah memberikan gambaran seperti apa makanan untuk para penghuni neraka. Makanan di neraka berbeda dengan makanan selama di dunia. Di dunia, seorang Muslim makan untuk menghilangkan rasa lapar dan bermanfaat untuk memberi kekuatan pada tubuh.

Namun, saat di neraka, para penghuninya memang diberi makan, tetapi tujuannya bukan untuk kedua hal tersebut. Ini berdasarkan firman Allah SWT berikut:

"Diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas. Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar." (QS Al Ghasyiyah ayat 5-7)

Makanan untuk para penghuni neraka tidak menggemukkan dan tidak pula mencukupi rasa lapar. Karena, sebagaimana tafsir Ibnu Katsir, tidak ada tujuan yang dicapai dengan hal tersebut. Artinya, tujaun pemberian makanan kepada ahli neraka bukan untuk menghilangkan rasa lapar atau bahkan menyehatkan tubuh.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement