Sabtu 26 Aug 2023 16:30 WIB

Lima Contoh Berbakti kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Islam

Islam memerintahkan seorang anak untuk berbakti kepada orang tua.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Lima Contoh Berbakti kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Islam. Foto:  Lansia (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Lima Contoh Berbakti kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Islam. Foto: Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Islam memerintahkan seorang anak untuk berbakti kepada orang tua. Beberapa hal bisa dilakukan oleh anak sebagai wujud baktinya kepada orang tua, walaupun sudah meninggal dunia.

Dalam riwayat Abu Usaid, dia bercerita ketika duduk di samping Rasulullah SAW. Kemudian seorang laki-laki Anshar datang dan berkata, "Wahai Rasulullah SAW, apakah masih tersisa kewajiban atasku untuk berbuat baik kepada orang tuaku setelah kematian mereka berdua? Nabi SAW bersabda:

Baca Juga

 نَعَمْ خِصَالٌ أَرْبَعَةٌ الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لَا رَحِمَ لَكَ إِلَّا مِنْ قِبَلِهِمَا فَهُوَ الَّذِي بَقِيَ عَلَيْكَ مِنْ بِرِّهِمَا بَعْدَ مَوْتِهِمَا

"Ya, masih tersisa empat perkara yaitu, mendoakan untuk mereka berdua, meminta ampunan mereka, memenuhi janji mereka yang belum terselesaikan dan memuliakan teman- teman mereka serta silaturrahim yang tidak berhubungan dengan kamu kecuali dari jalur mereka. Itulah yang tersisa dari kewajibanmu untuk berbaik kepada orang tuamu setelah mereka meninggal." (HR Ahmad)

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orang tua. Pertama adalah mendoakan mereka. Ini adalah salah satu amalan yang paling wajib dan diinginkan yang dapat dilakukan seseorang kepada orang tuanya. Berdoalah untuk mereka dengan rahmat dan ampunan, bimbingan dan kebenaran, kemudahan urusan, dan hal baik lain.

Kedua, bersedekah atas nama orang tua. Ini bisa berupa wakaf atas nama mereka, bisa berupa pembangunan masjid, menggali sumur, membagi-bagikan Alquran kepada orang-orang yang membutuhkan, dan lainnya.

Tujuannya untuk menyebarkan kebaikan dan ilmu, sehingga orang tua akan menerima pahala terus-menerus bahkan setelah mereka meninggal dunia. Ini adalah bentuk kebaikan yang besar kepada mereka.

Ketiga, yakni dengan memberikan kesejahteraan kepada mereka, walaupun mereka tidak memintanya. Keempat, dengan menghormati mereka, misalnya dengan mencium kepala dan tangan mereka. Ini adalah bentuk cinta dan kerendahan hati seorang anak kepada orang tua.

Kelima, dengan memuji dan menyebutkan kebajikan yang telah mereka perbuat kepada anak-anaknya. Orang tua telah memberikan banyak nikmat dalam hidupnya kepada putra putri mereka. Dengan uang, nasehat, bimbingan, motivasi, dan lain sebagainya.

Jika seorang anak memuji orang tuanya dan mengingatkan kebajikan tersebut di masa tuanya, ini adalah salah satu cara untuk menghormatinya dan mendatangkan kebahagiaan di hati orang tua tersebut.

sumber : Mawdoo.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement