Sabtu 26 Aug 2023 08:28 WIB

Memilih Istri dalam Islam, Ini Lima Hal yang Perlu Diperhatikan

Karakter sangat penting dalam Islam dan berjalan seiring dengan iman dan ketakwaan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Suami Istri
Foto:

3. Melahirkan Anak

 

 

Nabi bersabda,  “Nikahlah dengan wanita yang penuh kasih atau ramah dan melahirkan anak, karena aku akan mengungguli bangsa-bangsa lain dalam hal jumlahmu pada hari kiamat.”  (Ahmad, Abu Dawud, dan lain-lain dan tergolong  Shahih )

 

 

Seperti yang kita lihat dalam hadis di atas, Nabi menganjurkan laki-laki untuk menikahi wanita yang sedang melahirkan.

 

 

Ciri tersebut berkaitan dengan beberapa maksud dan tujuan perkawinan yang telah disebutkan sebelumnya seperti melahirkan umat Islam, membesarkan keluarga yang shaleh sebagai landasan masyarakat dan lain sebagainya.

 

 

4. Keperawanan

 

 

Ada banyak hadis yang menganjurkan laki-laki harus menikahi perempuan yang masih perawan, seperti berikut ini:

 

 

“Menikahlah dengan perawan karena mereka mempunyai mulut yang lebih manis, rahim yang lebih produktif, dan merasa puas dengan sedikit yang mereka dapatkan.”  (At-Tabarani dan itu adalah Hasan )

 

 

Riwayat lain menunjukkan bahwa seorang perawan lebih besar kemungkinannya untuk disenangi oleh laki-laki dan lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi licik dan menipu.

 

 

Suatu ketika, ketika Jabir menikah dengan seorang wanita yang lebih tua dan sudah pernah menikah sebelumnya, Nabi berkata kepadanya,  “Mengapa tidak perawan? Kamu bisa saja bermain dengannya dan dia bersamamu.”

 

 

Para cendekiawan Muslim menekankan bahwa sifat baik ini berlaku bagi laki-laki sebagaimana berlaku bagi perempuan. `Umar bin Al-Khattab pernah mendengar tentang seorang wanita yang menikah dengan seorang lelaki tua dan dia berkata: "Wahai manusia, bertakwalah kepada Allah dan biarkan orang menikahi tipe mereka."

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement