Kamis 24 Aug 2023 15:17 WIB

Empat Cara Membebaskan Diri dari Rasa Iri

Kisah iri pertama dimulai dari kisah anak-anak Nabi Adam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Dengki dan Iri (ilustrasi)
Foto:

Dalam HR Muslim disebutkan Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya agar jangan memelihara hal tersebut. “Jangan iri satu sama lain; jangan saling membenci; janganlah kamu membelakangi satu sama lain (dalam keadaan tidak puas); (tetapi) jadilah hamba Allah sebagai saudara.” (Al-Bukhari dan Muslim)

Kecemburuan bisa menjadi sangat buruk, sehingga Allah mengajarkan Muslim untuk mencari perlindungan darinya secara teratur. Salah satu surat yang berisi perlindungan dari mara bahaya adalah surat Al-Falaq ayat 5, "dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Lalu bagaimana cara umat Muslim agar sembuh dari penyakit hati iri dan cemburu ini?

1. Memperbanyak rasa syukur.

Allah SWT telah menciptakan, membentuk dan memberikan segala hal yang dibutuhkan oleh seorang manusia. Jika ingin menghitung nikmat Allah, maka hal ini tidak akan pernah bisa diselesaikan penghitungannya. Jika seseorang melupakan berjuta nikmat yang dimiliki dan fokus pada nikmat orang lain, singkatnya ini adalah rasa tidak bersyukur.

Kapan pun setan mendorong untuk merasa iri terhadap sesuatu yang dimiliki seseorang, marilah berusaha mengingatkan diri sendiri akan jutaan nikmat yang dimiliki yang tidak dimiliki orang lain.

2. Ingatkan diri sendiri tentang siapa Allah SWT itu

Allah merupakan sosok yang menentukan rezeki setiap umat-Nya. Fakta bahwa Dia memberikan sesuatu kepada seseorang dan tidak memberikannya kepada kita, adalah bagian dari hikmah ilahi yang tidak selalu dipahami.

Apakah kita tidak menaruh kepercayaan kita kepada Dia yang menjadi sandaran seluruh alam semesta, ataukah kita menaruh kepercayaan pada pikiran kita sendiri yang cacat?

3. Pahami bahwa apapun yang didapat atau tidak di dunia ini adalah sebuah ujian

Selama hidup, coba hitung seberapa sering kali kita melihat selebriti atau sosok di luar sana dan merasa iri dengan popularitas mereka? Di sisi lain, tidak jarang juga selebriti yang muncul dan berkata bahwa ia mengalami masalah kesehatan mental.

Ada beberapa sosok, yang kerap menjadi idola dan idaman banyak orang berkata, “Saya hanya ingin menjalani kehidupan normal lagi.” Ingatlah, orang-orang yang membuat kita iri, mungkin sedang melalui ujian yang tidak kita ketahui.

4. Memperbanyak berdoa.

Setiap kali melihat sesuatu pada diri seseorang dan mulai merasa iri, berdoalah. Panjatkan doa dan harapan agar Allah SWT menyucikan hati.

Berdoalah agar Allah SWT tidak merugikan orang lain karena rasa cemburu yang tumbuh di hati kita. Doa adalah sumber utama orang beriman, serta doa adalah pintu yang selalu terbuka.  

Sumber:

 

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/4-ways-overcome-envy-islam/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement