Rabu 23 Aug 2023 22:57 WIB

Doa Menghadapi Kepayahan Selama Masa Kehamilan dan Agar Janin Tetap Sehat

Kehamilan adalah masa-masa yang berat bagi perempuan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ibu hamil (Ilustrasi). Kehamilan adalah masa-masa yang berat bagi perempuan
Foto:

Langkah tetap bugar 

Alangkah menyenangkan bila hari-hari yang ibu lalui selama masa kehamilan berjalan lancar dengan tubuh yang sehat dan bugar. Kondisi tubuh yang prima seperti ini bukan hanya mambantu ibu muda menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, tetapi juga dibutuhkan selama masa kehamilan. Berikut adalah caranya.

1. Beraktivitas normal, tetapi tidak berlebihan. Untuk mengurangi sugesti lelah dan lemas saat menghadapi kehamilan, upayakanlah agar ibu tetap selalu beraktivitas seperti biasa (tidak hamil). Meskipun demikian, tetap hindari pekerjaan yang melelahkan dan mengangkut benda-benda berat. 

2. Lakukan olahraga ringan. Manfaat berolahraga bagi ibu hamil di antaranya adalah untuk melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh, sehingga fungsi organ-organ tubuh berjalan dengan baik. 

Olahraga juga bermanfaat saat ibu menjalani persalinan, yaitu untuk menguatkan otot saat kontraksi, yang pada masa kehamilan beberapa otot tubuh menjadi lemah. 

3. Istirahat dan tidur yang cukup. Biasanya ibu hamil lebih sering merasa lelah dan mengantuk. Hal ini wajar karena adanya peningkatan berat badan dan terbaginya suplai zat gizi dan oksigen ke ibu dan janin. 

Oleh karena itu, ubahlah patokan jam tidur dari pola sebelum kehamilan. Jika ibu merasa mengantuk, sebaiknya segera tidur. Selain itu, konsumsilah suplemen multivitamin jika asupan ibu dirasa kurang mencukupi. 

Baca juga: Sosok Perempuan Hebat di Balik Tumbangnya Tiran dan Singgasana Firaun

4. Lakukanlah relaksasi, misalnya yang ringan seperti mengatur pernapasan atau bisa juga dengan hipnobirthing. Tindakan ini dilakukan untuk menangani perubahan emosional ibu hamil yang terkadang tidak menentu. 

5. Biasakan untuk selalu berpikir positif. Hal-hal yang bersifat positif mampu memberikan energi positif pada pelakunya. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil. 

 

6. Lakukanlah hal-hal yang disukai. Memakan makanan kesukaan, pergi ke tempat-tempat yang disenangi, dan melakukan kegiatan yang menjadi hobi dipercaya mampu menghindari stres dan mengembalikan mood ibu hamil menjadi lebih baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement