Rabu 23 Aug 2023 22:57 WIB

Doa Menghadapi Kepayahan Selama Masa Kehamilan dan Agar Janin Tetap Sehat

Kehamilan adalah masa-masa yang berat bagi perempuan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ibu hamil (Ilustrasi). Kehamilan adalah masa-masa yang berat bagi perempuan
Foto: Pixabay
Ibu hamil (Ilustrasi). Kehamilan adalah masa-masa yang berat bagi perempuan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Masa kehamilan bagi perempuan adalah masa-masa yang berat. Dalam masa ini, perempuan rentan terserang depresi dan tekanan mental. 

Islam memberikan tuntunan doa agar perempuan diberikan kekuataan menjalani masa-masa kehamilan.  

Baca Juga

Berikut doa yang dapat diamalkan ibu hamil dalam menghadapi kepayahan dan janin dalam kandungan disehatkan yang dikutip dari buku Doa dan Zikir Mustajab untuk Ibu Hamil dan Menyusui tulisan Ummu Azzam:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ Allaahumma ‘aafinii fii badanii wa 'aafinii fii sam'ii wa ‘aafini fii basharii 

 

"Ya Allah, sehatkan badanku, sehatkan pendengaranku, dan sehatkan penglihatanku." 

Badan lebih mudah lelah, mata rasanya mengantuk terus, mau mengerjakan ini itu rasanya malas sekali. Memang lumrah keluhan-keluhan itu datang pada ibu hamil.  

Sedangkan doa agar janin diberi kesehatan, yakni: 

اللهم احفظ ولدِي مَا دَامَ فِي بَطْنِي وَاشْفِهِ مَعِي أنت الشافي لا شِفَاءٌ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءٌ لَا يُغَادِرُ

Allaahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa an illaa syifaa`uka syifaa`an laa yughaadiru saqamaa. 

"Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain." 

Baca juga: 10 Makanan yang Diharamkan dalam Islam dan Dalil Larangannya

Kesehatan adalah suatu nikmat yang tak terhingga bagi kita semua. Namun, terkadang kita malah mengabaikan kesehatan selama kita tidak mengalami sakit. Kita tidak menjaga tubuh kita agar senantiasa fit. Padahal, ketika kita diberi sakit flu saja, rasanya luar biasa. Semua serba tidak enak. 

Oleh sebab itu, jagalah nikmat Allah SWT ini dengan memeliharanya dan memenuhi haknya. Hak tubuh kita untuk beristirahat, berolahraga, bahkan bekerja. Salurkan semua hak dan kewajibannya. Konsumsilah makanan yang halal dan thayyib, yang baik, baik dari segi kesehatan, kandungan. 

Langkah tetap bugar... 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement