Senin 21 Aug 2023 07:02 WIB

Detik-Detik Kaum Sodom Ditimpa Azab Hujan Batu 

Kaum Sodom melakukan dosa besar

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Bab-Edh-dhra, lokasi ditemukannya reruntuhan kota Sodom dan Gomoroh

Kaum Sodom adalah Kaum yang Melampaui Batas

Dalam petikan ayat selanjutnya disebutkan kaum Sodom adalah kaum musrifun atau kaum yang melampaui batas. Dalam Surat An Naml kaum Sodom disebut dengan kaum tajhalun atau kaum yang bodoh. 

Mendengar pernyataan nabi Luth itu, sebagian kaum Sodom memprovokasi yang lainnya untuk mengusir Luth dan keluarganya. Kaum Sodom bukan saja menyukai sesama lelaki tetapi juga senang merampok dan membuat keributan.

Allah kemudian mengutus beberapa malaikat yang menjelma menjadi laki-laki dan bertamu kepada nabi Luth. Kedatangan para tamu itu pun disambut nabi Luth. Tetapi nabi Luth khawatir akan keselamatan tamunya bila diketahui oleh kaum Sodom.Akan tetapi istrinya berkhianat dan membocorkan kepada kaum Sodom bahwa ada beberapa lelaki berwajah tampan yang datang ke rumahnya bertamu pada nabi Luth. Karena itu pula, istri nabi Luth nantinya mendapat azab bersama orang-orang Sodom. 

Setelah itu datanglah kaum Sodom ke rumah nabi Luth untuk memaksa para tamu nabi Luth itu untuk melayani nafsu menyimpang para kaum Sodom. Para tamu itu kemudian memberi tahu nabi Luth bahwa mereka adalah malaikat utusan Allah. Para malaikat itu memberikan pesan kepada Luth agar meninggalkan kaum Sodom di akhir malam beserta keluarganya kecuali istrinya. Malaikat menjelaskan bahwa sesuatu yang akan menimpa kaum Sodom juga akan menimpa istrinya. Malaikat menjelaskan bahwa pada waktu subuh kaum Sodom akan mendapatkan azab. 

Nabi Luth pun mematuhinya, ia bersama anak-anaknya dan beberapa pengikutnya berjalan pada akhir malam. Nabi Luth menggiring dari belakang dan memerintahkan agar keluarganya dan orang-orang yang ikut serta dalam perjalanan itu tidak menoleh ke belakang. Alsannya karena kalau menoleh, orang-orang yang mengikuti nabi Luth akan tercengang dan perjalananya akan terhenti.  

Allah pun menurunkan azab kepada kaum Sodom pada subuh hari dengan membalikkan tanah  yang ditinggali kaum Sodom dan menghujan mereka dengan batu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement