Sabtu 19 Aug 2023 18:14 WIB

6 Pandangan Keliru tentang Islam dan Perempuan Menurut Mualaf Theresa Corbin

Islam datang untuk membebaskan masyarakat dan budaya dari penindasan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
6 Pandangan Keliru tentang Islam dan Perempuan Menurut Mualaf Theresa Corbin
Foto:

5. Wanita adalah Manusia Kelas Dua

Mitos ini jelas keliru. Karena faktanya, selaam masa hidup Nabi Muhammad SAW, beliau menyemangati lebih dari 600 wanita yang merupakan ulama, pejuang, perawat, pengusaha, guru dan murid. Wanita Muslim dan semua wanita berhak mendapatkan perlakuan yang baik.

Nabi Muhammad bahkan bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap wanita." (HR Tirmidzi)

Allah SWT berfirman, "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS Ar Rum ayat 21)

6. Pria Muslim Memerintahkan Wanita Memakai Jilbab

Wanita Muslimah mengenakan jilbab bukan karena diperintah oleh pria, atau menggunakan jilbab untuk menyenangkan pria Muslim. Wanita Muslim mengenakan jilbab adalah untuk menyenangkan Allah SWT atas kehendak bebas dan ketulusannya sendiri. Wanita Muslimah tidak memakai jilbab untuk menyenangkan pria.

Baik pria maupun wanita diperintahkan untuk berakhlak mulia. Karena tubuh pria dan wanita berbeda, maka wanita dan pria berpakaian berbeda. Allah SWT meminta wanita untuk menutupi rambut mereka agar diakui sebagai wanita yang beriman.

"Kita mengenali biarawati, Maria ibu Yesus dari cara berpakaian mereka, sebagai wanita beriman. Begitu juga dengan wanita muslimah yang berhijab," jelas Theresa Corbin.

Wanita telah menjadi korban perebutan kekuasaan yang kejam selama berabad-abad di semua masyarakat dan budaya di seluruh dunia. Tapi Islam datang untuk membebaskan masyarakat dan budaya dari penindasan dan cara berpikir tentang perempuan.

photo
Infografis 10 Cara Jadi Muslimah Lajang yang Bahagia - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement