Sabtu 19 Aug 2023 18:14 WIB

6 Pandangan Keliru tentang Islam dan Perempuan Menurut Mualaf Theresa Corbin

Islam datang untuk membebaskan masyarakat dan budaya dari penindasan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
6 Pandangan Keliru tentang Islam dan Perempuan Menurut Mualaf Theresa Corbin
Foto:

2. Wanita Sepenuhnya Bergantung pada Pria

Faktanya, dalam Islam, laki-laki dan perempuan saling bergantung satu sama lain. Allah SWT berfirman:

"Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS At Taubah ayat 71)

Wanita Muslim memperoleh hak untuk memilih, memberi nasihat tentang semua hal mulai dari politik hingga agama, memiliki properti, menandatangani kontrak, dan mewarisi semua hak yang dijanjikan kepada mereka melalui agama Islam.

3. Wanita Menerima Saat Ada Lelaki yang Hendak Menikahinya

Dalam Islam, tidak demikian. Sebab faktanya dalam Islam, pernikahan berlangsung setelah disetujui oleh perempuan tersebut. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Janda tidak bisa dinikahkan sampai ia diminta persetujuannya, dan gadis tidak bisa dinikahkan sampai ia diminta izinnya." (HR Bukhari, dari Abu Hurairah RA)

4. Wanita Dilarang Mengenyam Pendidikan

Siapa bilang Islam melarang perempuan mengenyam pendidikan. Dalam Islam, Muslimah tidak hanya berhak mendapatkan pendidikan, mereka juga memiliki kewajiban. Nabi Muhammad bersabda, "Menuntut ilmu itu wajib bagi laki-laki dan perempuan Muslim." (HR Ibnu Majah)

Wanita manusia kelas dua?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement