Jumat 18 Aug 2023 23:50 WIB

Peristiwa Besar Bersejarah yang Terjadi pada Safar, Termasuk Sakitnya Rasulullah SAW

Rasulullah SAW sakit keras pada Safar hingga wafat pada Rabiul Awal

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Bulan Safar (ilustrasi). Rasulullah SAW sakit keras pada Safar hingga wafat pada Rabiul Awal
Foto: Republika
Bulan Safar (ilustrasi). Rasulullah SAW sakit keras pada Safar hingga wafat pada Rabiul Awal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriyah (kalender Islam). Meskipun terdapat beberapa keyakinan dan mitos di masyarakat seputar Safar yang dianggap sebagai bulan yang kurang baik, namun dalam Islam, tidak ada dasar yang kuat untuk meyakini hal tersebut. 

 

Baca Juga

Safar sama seperti bulan-bulan lainnya dalam Islam, dan tidak memiliki sifat-sifat khusus yang membawakan keberuntungan atau kemalangan. Justru di bulan ini juga banyak terjadi peristiwa penting, terutama yang berkaitan dengan sejarah Islam:

 

Sebagaimana diungkapkan buku “Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah” terbitan Balai Pustaka, berikut ini beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam Safar:

 

1. Persidangan Dar an-Nadwah

 

Dar an-Nadwah adalah persidangan oleh pihak musyrikin jahiliyah yang terdiri dari berbagai kabilah di Makkah. Dalam persidangan tersebut membahas tentang rencana pembunuhan terhadap Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) 

 

2. Pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah

 

Pada bulan Safar inilah juga diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW menikah dengan Khadijah binti Khuwailid yaitu istri Nabi yang pertama.

 

3. Rasulullah SAW Sakit keras hingga wafat

 

Pada akhir Safar inilah, tepatnya setelah kembalinya Rasulullah dari mengerjakan Haji Wada (Haji terakhir Rasulullah SAW) beliau mengalami sakit keras.  Beliau wafat pada 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriyah.

 

Rasulullah SAW mulai merasakan sakit berat sewaktu beliau di rumah istrinya, Sayyidah Maimunah. Beliau sempat memanggil semua istri-istrinya yang lain untuk meminta izin agar beliau tinggal di rumah Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha dan akhirnya beliau telah wafat di rumahnya.

Baca juga: Upaya Para Nabi Palsu Membuat Alquran Tandingan, Ada Ayat Gajah dan Bulu

 

 

4. Peperangan penting dalam sejarah Islam

 

Di antara peristiwa-peristiwa penting lain yang terjadi dalam sejarah Islam pada bulan ini ialah terjadinya banyak peperangan menentang kaum kafir. 

 

Banyaknya peperangan karena bulan ini adalah bulan yang dibolehkan berperang, diantaranya ialah perang Al-Abwa pada tahun kedua Hijrah, perang Zi-Amin tahun ketiga Hijrah, dan perang Ar-Raji (Bi’ru Ma’unah) pada tahun keempat Hijrah. Terjadi juga perang Khaibar, di mana banyak sahabat-sahabat nabi yang gugur.

 

5. Tragedi Al Rajah

 

Pada bulan ini juga mencatatkan beberapa tragedi terhadap orang-orang Islam di zaman Rasulullah SAW. Diantaranya ialah tragedi al-Raji, yaitu peristiwa yang terjadi pada tahun ketiga atau keempat hijrah yang mengutus tujuh sahabat nabi yang diutus untuk mengajar agama Islam kepada kaum Udal dan al-Qarah.

 

Pada suatu malam mereka diserang secara mendadak di sebuah tempat persinggahan bernama al-Rajiah, yaitu daerah Usfan (kawasan antara Makkah dan Madinah). Semua sahabat dibunuh di tempat serangan kecuali Khubaib bin Adi yang dibawa ke MAkkah dan dibunuh di sana. Beliau adalah orang yang pertama menunaikan sholat dua rakaat sunah sebelum dibunuh.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement