Jumat 18 Aug 2023 14:57 WIB

Tahukah Kamu Perbedaan Sholat Sunnah Rawatib dan Nawafil?

Ibadah sunnah rawatib adalah sunnah yang terikat dengan ibadah wajib.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Gerakan shalat (ilustrasi).
Foto:

Ulama dari mazhab Syafi'i berpendapat, sunnah-sunnah rawatib adalah sunnah yang terikat dengan hal lain, atau terikat dengan waktu tertentu. Para ulama fiqih biasa menyebutnya dengan sholat sunnah sebelum (qobliyah) dan sesudah (ba'diyah) sholat wajib.

Dikatakan sholat sunnah rawatib karena tidak disyariatkan melaksanakannya tanpa disertai ibadah yang wajib. Mazhab Syafi'i tidak membatasi sunnah rawatib dengan ibadah sholat saja, tetapi sunnah rawatib juga mencakup ibadah sunnah lain seperti puasa enam hari di bulan Syawal.

Sedangkan nawafil adalah jamak dari nafilah. Nafilah lebih umum dari sunnah, sehingga nafilah meliputi sunnah-sunnah rawatib dan juga sunnah lain seperti sholat malam.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui benang merahnya, bahwa baik sholat sunnah rawatib maupun sholat nafilah, ini adalah ibadah yang hukumnya sunnah dan telah ada tuntunan syariatnya. Ibadah sunnah rawatib adalah sunnah yang terikat dengan ibadah wajib. Sedangkan sunnah nawafil tidak terikat dengan ibadah wajib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement