Jumat 18 Aug 2023 00:15 WIB

Ini 8 Srikandi Pejuang yang Menginspirasi Kemerdekaan

Srikandi pejuang kemerdekaan mengorbankan apa yang dimiliki untuk melawan penjajahan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
J99 Corp merayakan HUT ke-78 Republik Indonesia bersama 78 orang perwakilan veteran perang kemerdekaan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Kota Malang, Kamis (17/8/2023).
Foto:

Meski namanya jarang terdengar, tetapi perjuangannya patut dikagumi dan dijadikan inspirasi. Semasa hidupnya, ia dikenal sangat teguh mendirikan sekolah diniyah bagi anak perempuan dan terus mempertahankannya.

Petinggi Universitas Al-Azhar Mesir dikabarkan pernah datang ke Padang dan menyempatkan diri berkunjung ke Sekolah Diniyah Putri milik Syekhah Rahmah pada 1955. Di kesempatan itu, petinggi Al-Azhar kagum dengan ide dan upaya Syekhah Rahmah atas sekolah yang dibangunnya.

Atas inspirasi tersebut, Universitas Al-Azhar akhirnya membuka Kulliyatul Lil Banat atau fakultas khusus untuk perempuan yang direalisasikan pada 1962. Syekhah Rahmah pun diberikan gelar kehormatan "Syekhah" oleh Universitas Al-Azhar. Bahkan, menurut informasi yang beredar ia menjadi wanita pertama yang mendapat gelar "Syekhah" dari Al-Azhar.

8. Siti Walidah

Siti Walidah atau akrab disebut Nyai Ahmad Dahlan adalah sosok pahlawan yang juga berperan aktif dalam berkiprah di ranah pendidikan, khususnya bagi perempuan. Bersama sang suami, KH Ahmad Dahlan, ia membangun sekolah-sekolah untuk masyarakat dan selanjutnya digunakan sebagai tempat untuk mencerdaskan masyarakat, dalam hal pendidikan agama ataupun umum.

 

Pada September 1971, berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor 042/TK/1971, Siti Walidah diangkat sebagai Pahlawan Nasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement