Selasa 15 Aug 2023 17:14 WIB

Adab dan Keluhuran Islam dalam Perang

Tujuan perang dalam Islam bukanlah untuk menguasai orang lain.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Adab dan Keluhuran Islam dalam Perang.  Foto: Ilustrasi pedang Nabi Muhammad
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Adab dan Keluhuran Islam dalam Perang. Foto: Ilustrasi pedang Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tujuan perang dalam Islam bukanlah untuk mengendalikan atau menguasai orang lain dan menjarah sumber daya mereka. Sebaliknya, dalam Islam, perang adalah untuk membebaskan dari penindasan dan perbudakan, dan mempertahankan seruan kepada agama yang benar.

Hal tersebut telah ditegaskan baik dalam Alquran dan As-Sunnah, kesepakatan para ulama dan penerapan praktis yang dilakukan oleh banyak pemimpin militer sepanjang sejarah Islam. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَقَاتِلُوْهُمْ حَتّٰى لَا تَكُوْنَ فِتْنَةٌ وَّيَكُوْنَ الدِّيْنُ كُلُّهٗ لِلّٰهِۚ فَاِنِ انْتَهَوْا فَاِنَّ اللّٰهَ بِمَا يَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

"Dan perangilah mereka itu sampai tidak ada lagi fitnah, dan agama hanya bagi Allah semata. Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan." (QS Al Anfal ayat 39)

Ayat tersebut dengan jelas menyatakan bahwa berperang adalah perkara yang terbatas, dan berupaya mengakhirinya secepat mungkin.

Dalam Surat lain, Allah SWT berfirman:

اُذِنَ لِلَّذِيْنَ يُقَاتَلُوْنَ بِاَنَّهُمْ ظُلِمُوْاۗ وَاِنَّ اللّٰهَ عَلٰى نَصْرِهِمْ لَقَدِيْرٌ ۙ

"Diizinkan (berperang) kepada orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka dizalimi. Dan sungguh, Allah Mahakuasa menolong mereka itu." (QS Al Hajj ayat 39)

Perang dilakukan hanya untuk Allah SWT, untuk memenuhi kehendak dan petunjuk-Nya. Dan bukan keinginan untuk membunuh, menyabotase, dan membinasakan. Islam juga memperingatkan untuk tidak memerangi orang-orang yang berdamai dan menahan diri dari memerangi Muslim. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat An Nisa ayat 90:

"...Sekiranya Allah menghendaki, niscaya diberikan-Nya kekuasaan kepada mereka (dalam) menghadapi kamu, maka pastilah mereka memerangimu. Tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangimu serta menawarkan perdamaian kepadamu (menyerah), maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka."

Jika yang terjadi sebaliknya, maka Allah SWT mengizinkan pertempuran. Inilah keseimbangan yang mewakili esensi pandangan Islam tentang berjuang dalam kehidupan ini dengan cita-cita yang lebih tinggi, tetapi dengan realistis pada saat yang sama.

Rasulullah SAW juga telah menunjukkan dan memberikan tuntunan tentang adab, nilai dan etika yang luhur dalam berperang. Ini bisa diketahui dalam hadits yang diriwayatkan dari Hanzalah, yang berkata:

"Kami telah berperang bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba kami menjumpai seorang wanita yang terbunuh dan telah dikerumuni masyarakat, kemudian mereka memberi jalan untuk beliau."

Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Wanita ini tidak ikut berperang dengan mereka yang perang." Kemudian beliau SAW bersabda kepada seorang laki-laki, "Berangkatlah menuju Khalid bin Walid dan katakan kepadanya bahwa Rasulullah SAW memerintahkanmu, sambil bersabda 'Janganlah engkau bunuh keturunan-keturunannya dan para buruh kerjanya.'" (HR Ibnu Majah)

Sumber

https://www.youm7.com/story/2016/12/17/%D8%AF%D8%A7%D8%B1-%D8%A7%D9%84%D8%A5%D9%81%D8%AA%D8%A7%D8%A1-%D8%AA%D9%88%D8%B6%D8%AD-%D8%A8%D8%A7%D9%84%D8%AA%D9%81%D8%B5%D9%8A%D9%84-%D9%85%D9%81%D9%87%D9%88%D9%85-%D8%A7%D9%84%D8%AD%D8%B1%D8%A8-%D9%81%D9%89-%D8%A7%D9%84%D8%A5%D8%B3%D9%84%D8%A7%D9%85/3013854

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement