Senin 14 Aug 2023 14:02 WIB

Sering Apes, Terkena Bencana, dan Rugi, Baca Surah Ini Setiap Malam

Surah al Hasyr mengandung hikmah yang luar biasa bagi siapa pun yang membacanya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Seorang Jamaah membaca Alquran.
Foto: Republika
Seorang Jamaah membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap surah dalam Alquran mengandung hikmah dan nilai yang luar biasa. Siapa pun yang membaca dan tadabur Alquran pasti akan mendapatkan hidayah Allah.

Nah, hidayah Allah bisa saja datang untuk mencegah kita dari nasib apes, bencana, celaka, dan sejenisnya. Bagaimana caranya mendapatkan hidayah semacam itu?

Baca Juga

Caranya adalah dengan membaca dan mentadabburkan surah al-Hasyr. Surah al-Hasyr merupakan salah satu surah Madaniyah atau surah yang turun setelah peristiwa hijrahnya nabi dari Makkah ke Madinah. Surah ini berada diurutan ke-59 berdasarkan tertib susunan surah mushaf Alquran. Surah al-Hasyr terdiri atas 24 ayat dengan tiga ruku'. 

Al Hasyr sendiri berarti pengusiran. Sebab di dalamnya terdapat kisah pengusiran suku Yahudi, yakni Bani Nadhir. Ini dapat ditemukan pada ayat kedua dalam surah al-Hasyr. Secara ringkas diketahui bahwa ada kesepakatan untuk hidup rukun dan damai antara Muslim dan kaum Yahudi. Namun, dua suku Yahudi yang menempati Madinah, yakni Bani Qainuqa dan Bani Nadhir kerap melanggar perjanjian itu. 

Mereka pun iri dengan kesuksesan dakwah nabi dan tidak rela kaum Yahudi terkalahkan oleh Islam yang dibawa nabi Muhammad SAW. Alhasil, pada satu waktu bani Nadhir merencanakan pembunuhan pada Nabi Muhammad. Akan tetapi, upaya itu gagal. Setelah peristiwa itu, Rasulullah mengusir Bani Nadhir dari Madinah pada Rabiul Awal tahun keempat Hijriyah. 

Terlepas dari itu, surah al-Hasyr memiliki keistimewaan tersendiri bagi orang yang membacanya. Orang yang membacanya akan dihindarkan Allah dari setiap keburukan, kejahatan, kemalangan baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana yang diwasiatkan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan di dalam kitab Wasiyatul Mustofa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran.

يَا عَلِيُّ، مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْحَشْرِ كُلَّ لَيْلَةٍ كُفِيَ شَرُّ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Wahai Ali, barang siapa yang membaca surah al-Hasyr setiap malam, Allah menghindarkan orang yang membacanya dari nasib apes di dunia dan akhirat. (Maksudnya dihindarkan dari setiap keburukan, kejahatan, musibah dan lainnya baik dunia dan akhriat).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement