Selasa 08 Aug 2023 16:06 WIB

Empat Hal Agar Seorang Muslim Dijauhkan dari Kesulitan

Berbagai kebaikan tersebut memiliki keutamaan untuk mencabut berbagai kesulitan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Empat Hal Agar Seorang Muslim Dijauhkan dari Kesulitan. Foto:  Ilustrasi ibadah di rumah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Empat Hal Agar Seorang Muslim Dijauhkan dari Kesulitan. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Seorang Muslim dituntun untuk senantiasa melakukan banyak kebaikan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berbagai kebaikan tersebut memiliki keutamaan untuk mencabut berbagai kesulitan yang sedang atau akan menimpa dirinya.

Ada beberapa tuntunan dalam Islam agar seorang Muslim terhindar dari berbagai kesusahan. Setidaknya ada tiga hal yang dapat dilakukan. Pertama yaitu berdoa. Ibnu Al Qayyim, seperti dilansir laman Mawdoo, menjelaskan, doa adalah salah satu obat yang paling bermanfaat bagi setiap Muslim.

Baca Juga

"Doa adalah musuhnya malapetaka. Doa itu menyembuhkan, mencegah, dan mengangkat atau meredakan malapetaka," demikian penjelasan Ibnu Al Qayyim.

Selanjutnya ialah dengan meningkatkan permohonan ampun kepada Allah SWT. Setiap Muslim hendaknya memperbanyak istighfar dan terus memanjatkan permohonan ampunan kepada Allah, dan memohon diberi perlindungan dari kondisi sulit. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

 

"Tetapi Allah SWT tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan." (QS. Al-Anfal Ayat 33)

Ketiga, laksanakan ibadah sholat dengan penuh khusyu. Dalam riwayat Aisyah RA dalam Shahih Muslim, dikisahkan bahwa di zaman Nabi SAW pernah terjadi gerhana matahari yang membuat banyak orang saat itu mengalami kesulitan.

Dalam kondisi demikian Beliau SAW mengutus seseorang untuk menyerukan sholat berjamaah sampai kemudian orang-orang berkumpul. Kemudian Nabi SAW maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku’ dan empat kali sujud dalam dua rakaat.

Keempat, yakni sedekah. Sedekah itu penting untuk memberikan kemudahan atas masalah-masalah yang sedang dihadapi. Ibnu Al Qayyim mengatakan, amalan sedekah bisa memberikan perlindungan dari orang yang tidak beriman dan pelaku kejahatan. Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW pernah menasehati wanita untuk memperbanyak bersedekah agar terhindar dari api neraka.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement