Sabtu 05 Aug 2023 06:02 WIB

Wanita yang Pertama Sholat Bersama Nabi Muhammad

Khadijah adalah orang pertama yang mengerjakan sholat bersama Nabi Muhammad.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Wanita yang Pertama Sholat Bersama Nabi Muhammad. Foto:  Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Wanita yang Pertama Sholat Bersama Nabi Muhammad. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Istri Nabi Muhammad ﷺ, Khadijah Binti Khuwailid merupakan wanita pertama yang masuk islam. Khadijah pula yang disebut dalam riwayat menjadi orang yang pertama sholat bersama Rasulullah ﷺ.

Seperti dikutip dari buku the Wonderful Ummahatul Mukminin oleh Erlan Iskandar, Ibnu Katsir menuturkan, "Orang yang paling pertama beriman kepada Allah adalah Khadijah, menurut pendapat yang paling kuat." (Al Fushul fii Ikhtishorir Rasul, hal 243)

Baca Juga

Oleh karenanya, Khadijah termasuk As-sabiqunal Awwalun.  Ia termasuk orang-orang yang diridhoi oleh Allah sebagaimana terdapat dalam Alquran surat At Taubah ayat 100.

وَالسّٰبِقُوْنَ الْاَوَّلُوْنَ مِنَ الْمُهٰجِرِيْنَ وَالْاَنْصَارِ وَالَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُمْ بِاِحْسَانٍۙ رَّضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ وَاَعَدَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ تَحْتَهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ

"Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung." (QS. At-Taubah ayat 100)

Bahkan, disebutkan bahwa Khadijah adalah orang pertama yang mengerjakan sholat bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Ibnu Hajar dalam kitab Al Ishobah menceritakan, "Suatu ketika, Nabi Muhamamad diajari Malaikat Jibril bagaimana cara sholat. Beliau pun lantas pulang dan menyampaikan hal tersebut kepada Khadijah. Nabi pun mengajarkannya kepada Khadijah.

Khadijah berwudhu sebagaimana Nabi berwudhu. Khadijah pun mengerjakan shalat bersama Nabi. Lantas Khadijah pun berkata, 

أشهد أنك رسول الله 

"Aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement