Selasa 01 Aug 2023 09:03 WIB

4 Nama Allah SWT Ini Buktikan Kesempurnaan dan Kekuasaan-Nya 

Allah SWT mempunyai nama yang sarat dengan kesempurnaan

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi). Allah SWT mempunyai nama yang sarat dengan kesempurnaan
Foto:

Di antara bentuk kasih sayang Allah SWT bagi kaum mukminin di dunia, Dia melimpahkan taufiq kepada mereka untuk menaati-Nya, beriman kepada para Rasul, menjalankan perintah agama serta menjauhi larangannya. 

Sedangkan kasih sayang Allah SWT bagi kaum mukminin di akhirat, Dia mengaruniakan pada mereka kemudahan di hari perhitungan dan balasan kenikmatan yang luar biasa di surga-Nya yang abadi. 

Dari keterangan di atas bisa menyimpulkan bahwa baik sifat ar-Rahman maupun ar-Rahim keduanya sama-sama berasal dari kata kasih sayang (ar-Rahmah), hanya saja secara lebih spesifik terdapat perbedaan antara keduanya. 

Para ulama bersilang pendapat dalam menentukan perbedaan tersebut. Keterangan yang telah disampaikan di atas merupakan salah satu dari pendapat ulama tersebut, yaitu al-'Arzami.   

Selanjutnya, salah satu nama-Nya adalah as-Sami’ (Yang Mahamendengar). Di mana Dia bisa mendengar suara selirih apapun, apalagi yang keras. 

Baca juga: Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

Mampu mendengar doa para hamba-Nya dengan bahasa mereka yang berbeda-beda dan permintaan mereka yang beragam. Itu semua bisa didengarkan-Nya sekaligus, tanpa merasa kebingungan apalagi jenuh dan keberatan. Segala puji bagi Allah SWT semata.

Saat Muslim mengetahui bahwa salah satu nama Allah SWT adalah al-Bashir (Yang Mahamelihat), niscaya manusia akan menyadari betapa agung-Nya Dia. 

Di mana Allah SWT bisa melihat segala sesuatu sekecil apapun dan sejauh manapun. Dia bisa melihat sumsum tulang semut hitam kecil, di atas batu hitam, di kegelapan malam. Padahal Allah SWT di atas ‘Arsy yang berada puncak langit ketujuh. Segala puji bagi Allah SWT semata. 

 

"Begitulah bila kita mengenal Allah SWT melalui nama-nama dan sifat-sifat-Nya, niscaya kita akan terdorong untuk selalu memuji-Nya," kata Ustadz Abdullah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement