Senin 31 Jul 2023 11:53 WIB

Enam Masa Penciptaan Alam Semesta dalam Perspektif Alquran dan Sains

Tadabbur penciptaan alam upaya menambah iman.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pemuda mengaji ayat penciptaan alam.
Foto:

Air ternyata sudah ada ketika langit dan bumi diciptakan. Dengan kata lain, air telah ada pada saat awal penciptaan. Air dalam hal ini dapat dimaknai sebagai unsur asal alam semesta yaitu hidrogen. Keterangan ini merupakan isyarat bahwa air adalah unsur pokok dalam penciptaan makhluk hidup.

Dalam kenyataannya, semua makhluk hidup berasal dari air dan memerlukan air. Selanjutnya diterangkan bahwa tujuan dari semua penjelasan itu adalah untuk menguji siapa di antara manusia yang lebih baik perbuatannya.

Dalam Surah Al-Hadid Ayat 4 disebutkan bahwa penciptaan langit dan bumi dalam enam masa ini dikaitkan dengan pengetahuan Allah tentang hal-hal lain.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِى الْاَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاۤءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيْهَاۗ وَهُوَ مَعَكُمْ اَيْنَ مَا كُنْتُمْۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌۗ

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Kemudian, Dia bersemayam di atas ʻArasy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar darinya serta apa yang turun dari langit dan apa yang naik ke sana. Dia bersamamu di mana saja kamu berada. Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Hadid Ayat 4)

Keterangan yang ditambahkan setelah pernyataan penciptaan langit dan bumi dalam enam masa adalah bahwa Allah mengetahui apa yang masuk dan keluar dari bumi serta apa yang turun dan naik ke langit. Selain itu, Allah juga mengetahui secara rinci apa yang diperbuat manusia.

Penjelasan ini untuk menegaskan bahwa sebagai Pencipta, Allah mengetahui segala apa yang terjadi pada ciptaan-Nya. Tidak satu pun peristiwa yang luput dari pengetahuan-Nya.

Dalam Surah al-Furqan Ayat 59 disebutkan bahwa penciptaan langit dan bumi dalam enam masa ini dikaitkan dengan penjelasan tentang sifat Allah yaitu Maha Pengasih.

Penciptaan langit dan bumi dalam enam masa juga dikaitkan dengan sifat Allah yang lain, yaitu pelindung dan penolong. Perhatikan Surah As-Sajdah Ayat 4.

Dalam ayat lain, penciptaan langit dan bumi dalam enam masa juga dikaitkan dengan sifat Allah yang tidak pernah letih, meski telah mencipta sedemikian banyak makhluk. Hal ini disebutkan dalam Surah Qaf Ayat 38. 

 

Dilansir dari buku Penciptaan Jagat Raya dalam Perspektif Alquran dan Sains yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement