Senin 31 Jul 2023 11:53 WIB

Enam Masa Penciptaan Alam Semesta dalam Perspektif Alquran dan Sains

Tadabbur penciptaan alam upaya menambah iman.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pemuda mengaji ayat penciptaan alam.
Foto:

وَيَسْتَعْجِلُوْنَكَ بِالْعَذَابِ وَلَنْ يُّخْلِفَ اللّٰهُ وَعْدَهٗۗ وَاِنَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَاَلْفِ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوْنَ 

. . . . Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu. (QS Al-Hajj Ayat 47)

Pada ayat lain dijelaskan bahwa satu hari itu sama dengan lima puluh ribu tahun dalam hitungan manusia. Keterangan ini seperti yang disebutkan dalam Surah al-Ma‘arij Ayat 4. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

تَعْرُجُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ اِلَيْهِ فِيْ يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهٗ خَمْسِيْنَ اَلْفَ سَنَةٍۚ

Para malaikat dan Ruh (Jibril) naik (menghadap) kepada-Nya dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun. (QS Al-Ma‘arij Ayat 4) 

Selanjutnya Allah menerangkan bahwa Dia adalah Pemilik dan Pengatur seluruh alam dan isinya. Hal ini merupakan ungkapan yang logis. Pencipta sesuatu adalah pemilik dan pengaturnya, dan ini juga yang hendak ditegaskan Allah tentang masalah yang terkait dengan alam semesta ini. Selain itu, penegasan ini juga untuk menunjukkan bahwa Dialah Yang Maha Kuasa. Karena itu, hanya Dia yang berhak disembah oleh semua makhluk di alam ini.

Penciptaan Air

Penciptaan langit dan bumi dalam enam masa ini juga disebutkan dalam beberapa ayat lain, seperti yang terdapat pada Surah Hud Ayat 7.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ وَّكَانَ عَرْشُهٗ عَلَى الْمَاۤءِ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ۗوَلَىِٕنْ قُلْتَ اِنَّكُمْ مَّبْعُوْثُوْنَ مِنْۢ بَعْدِ الْمَوْتِ لَيَقُوْلَنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَٓا اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ

Dialah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa serta (sebelum itu) ʻArasy-Nya di atas air. (Penciptaan itu dilakukan) untuk menguji kamu, siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Sungguh, jika engkau (Nabi Muhammad) berkata, “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan setelah mati,” niscaya orang-orang kafir akan berkata, “Ini (Alquran) tidak lain kecuali sihir yang nyata.” (QS Hud Ayat 7) 

Jika diperhatikan, ungkapan penciptaan langit dan bumi dalam enam masa pada ayat ini, dikaitkan dengan informasi bahwa ‘Arsy Allah berada di atas air.

Artinya,...Lihat halaman berikutnya >>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement