Ahad 23 Jul 2023 10:29 WIB

10 Amal Ibadah di Bulan Muharram

Ada sejumlah amal ibadah yang bisa diperbanyak di bulan Muharram.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Amal ibadah bulan Muharram (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Amal ibadah bulan Muharram (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan Muharram tiba. Bulan yang menjadi salah satu bulan mulia dalam Islam ini patut dijadikan kesempatan bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan melalui ibadah.

Syekh Abdul Hamid dalam kitabnya berjudul Kanzun Najah wa Surur menjelaskan, terdapat sepuluh amalan ibadah yang bisa dilakukan di Muharram. Kesepuluh amalan ini sesungguhnya mudah dilakukan asal ada keinginan dan tekad kuat dari yang melakukannya.

Baca Juga

Berikut 10 amalan ibadah yang bisa dilakukan di bulan Muharram:

Pertama, melakukan puasa Muharram. Berdasarkan beberapa riwayat hadis yang dijabarkan Syekh Abdul Hamid, puasa Muharram disunnahkan dilakukan pada tanggal 9 hingga 10.

Kedua, menyambung tali silaturrahim. Menyambung silaturrahim disunahkan untuk merekatkan hubungan dan komunikasi dengan orang-orang dekat ataupun kerabat. Tak hanya itu, manfaat silaturrahim juga bakal mendatangkan rezeki bagi pelakunya.

Ketiga, bersedekah. Barangsiapa yang bersedekah, sesungguhnya Allah akan meluaskan rezekinya. Di bulan Muharram, makna bersedekah ini juga berlaku kepada para orang tua dalam menafkahi anak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement