Jumat 21 Jul 2023 11:08 WIB

Permohonan yang Diajukan Malaikat Penyangga Arsy kepada Allah SWT untuk Orang Beriman

Malaikat penyangga Arsy juga mendoakan orang-orang beriman

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi orang beriman. Malaikat penyangga Arsy juga mendoakan orang-orang beriman.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi orang beriman. Malaikat penyangga Arsy juga mendoakan orang-orang beriman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Makhluk Allah SWT yang selalu taat adalah malaikat. Hanya Allah SWT yang mengetahui jumlah para malaikat. Kendati demikian, yang wajib diketahui ada sepuluh malaikat. Yakni, Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik dan Ridwan. 

Dan di antara banyaknya malaikat itu, ada malaikat-malaikat yang tugasnya menyangga Arsy dan mengelilingi Arsy seraya mengucapkan tasbih. Sebagaimana firman Allah SWT: 

Baca Juga

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا…

Artinya: (Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan) … (QS surat Al Mu'min/ Ghafir) ayat 7). 

Dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa ada para malaikat penyangga Arsy (hamalatul Arsy) dan ada juga malaikat yang berada di sekitar Arsy. Para malaikat itu selalu bertasbih mensucikan Allah dan memohon ampunan untuk orang beriman.  

Dalam kitab Min Wahy Alquran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya dijelaskan bahwa para malaikat juga memohon agar kaum beriman dijauhkan dari siksa neraka. Malaikat hamalatul Arsy dan yang berada di sekeliling Arsy juga memohon agar orang beriman dimasukan ke surga. 

Selain itu para malaikat juga memohon agar orang tua, istri, dan keturunan orang yang beriman mendapatkan kebaikan di akhirat. 

Para malaikat juga mendoakan kaum beriman agar terjaga dari keburukan yaitu dari akidah yang rusak dan dari perbuatan buruk. 

Para malaikat penyangga Arsy adalah para malaikat yang memiliki keutamaan dibanding malaikat lainnya. Bahkan dalam tafsir ar-Razi dijelaskan bahwa malaikat penyangga Arsy adalah malaikat yang paling utama. 

Sebab itu Allah SWT memerintahkan para malaikat menyampaikan salam sebagai penghormatan kepada malaikat hamalatul Arsy.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement