Rabu 19 Jul 2023 00:05 WIB

Tahun Baru Islam Bulan Muharram 1445 Hijriyah Memiliki Keutamaan, Apa Saja?

Bulan Muharram pun menjadi bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bulan Muharram (Ilustrasi). Tahun Baru Islam Bulan Muharram 1445 Hijriyah Memiliki Keutamaan, Apa Saja?
Foto:

Hal ini menunjukkan puasa pada bulan Muharram memiliki keutamaan yang luar biasa. Sebab puasa Ramadhan adalah wajib, sedangkan puasa Muharram hukumnya sunnah.

Rasulullah SAW selalu mengerjakan puasa sunnah pada bulan Muharram, utamanya adalah pada tanggal 10 Muharram, yang biasa disebut puasa Asyura.

BACA JUGA: Hadits-Hadits tentang Keutamaan Bulan Muharram

Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits yang bersumber dari Aisyah ra, ia berkata: "Hari Asyura adalah waktunya puasa orang-orang Quraisy pada zaman jahiliah. Dan Rasulullah pun melaksanakannya. Tatkala Nabi tiba di Madinah, Beliau tetap melakukan puasa Asyura dan memerintahkan sahabat untuk melakukan puasa itu juga. Ketika diwajibkan puasa Ramadhan, beliau meninggalkan puasa Asyura, dan Beliau bersabda, 'Barang siapa yang hendak berpuasa maka puasalah dan barang siapa yang hendak berbuka maka berbukalah' (HR Bukhari).

Berdasarkan hadis tersebut, sebagian ulama berpendapat, bahwa pada mulanya puasa Asyura itu hukumnya wajib. Baru kemudian setelah datang syariat puasa Ramadhan, Rasulullah kemudian memerintahkan kepada para sahabatnya untuk mengerjakan atau meninggalkannya. Sehingga puasa Asyura kemudian dihukumi sunnah muakkadah (sunah yang sangat dianjurkan).

Meskipun sunah, Rasulullah dan para sahabatnya, sangat jarang meninggalkan puasa Asyura, mengingat adanya keutamaan yang luar biasa. Puasa pada hari ini dapat menghapuskan dosa selama satu tahun sebelumnya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah: "Puasa Asyura itu dapat menghapus (dosa-dosa) satu tahun yang lalu" (HR Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad),

Allah Maha Tahu bahwa manusia...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement