Senin 17 Jul 2023 18:04 WIB

Wasiat Nabi Muhammad: Tetaplah Berprasangka Baik

Tiga hari menjelang wafat, Nabi Muhammad SAW menekankan soal berprasangka baik.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Nabi dan Rasul. Wasiat Nabi Muhammad: Tetaplah Berprasangka Baik
Foto: Dok Republika
Ilustrasi Nabi dan Rasul. Wasiat Nabi Muhammad: Tetaplah Berprasangka Baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW menjelang wafat meninggalkan sejumlah wasiat. Salah satunya adalah wasiat yang perlu dipegang erat-erat oleh setiap Muslim dalam menjalani kehidupan di dunia agar hati menjadi tenang dalam kondisi apapun.

Dikutip di Islamweb, tiga hari menjelang wafat, Nabi Muhammad SAW menekankan soal berpikir positif atau berprasangka baik. Beliau berwasiat kepada umatnya untuk selalu berpikir positif atau berprasangka baik kepada Allah SWT.

Baca Juga

Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah RA, sebagaimana berikut ini:

عن جابر بن عبد الله رضي الله عنهما : أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم قبل موته بثلاثة أيام، يقول: «لا يَمُوتَنَّ أحدُكم إلا وهو يُحسنُ الظَّنَّ بالله عز وجل ». [رواه مسلم]

Dari Jabir bin Abdullah RA, dia mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah seseorang di antara kalian meninggal dunia, kecuali dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah" (HR Muslim).

Bagi seorang Muslim yang sedang menjenguk orang sakit, dianjurkan untuk meningkatkan harapannya kepada Allah SWT agar mendapat kelimpahan rahmat-Nya.

Ibnu Hajar Al Asqolani menyampaikan, sebagian orang biasanya membatasi dirinya sehingga merasa sudah tidak punya harapan lagi saat dihadapkan pada kondisi di mana ada seseorang yang sudah sangat dekat dengan ajalnya. Padahal, hal tersebut sama saja dengan menyiratkan adanya kekurangan Allah SWT.

Justru, masih menurut pendapat Ibnu Hajar Al Asqolani, setiap Muslim harus terus berpikir positif atas ketetapan Allah SWT, dengan berharap datangnya pengampunan atas segala dosa. Ingat sabda Nabi SAW: "Janganlah seseorang di antara kalian meninggal dunia, kecuali dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah," (HR Muslim).

Dalam hadits qudsi, Allah SWT berfirman, "Aku selalu menuruti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Jika ia berprasangka baik maka ia akan mendapatkan kebaikan. Adapun bila ia berprasangka buruk kepada-Ku maka dia akan mendapatkan keburukan" (HR Thabrani dan Ibnu Hibban).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement