Senin 17 Jul 2023 17:05 WIB

Bisakah Orang yang Hidup Sedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal?

Justru Rasulullah SAW yang mengajarkan agar bersedekah kepada orang meninggal.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah warga berdoa saat ziarah kubur di Pemakaman Covid-19, Srengseng Sawah, Jakarta, Senin (2/5/2022).
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah warga berdoa saat ziarah kubur di Pemakaman Covid-19, Srengseng Sawah, Jakarta, Senin (2/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedekah tak hanya dapat dilakukan oleh seorang Muslim kepada orang yang masih hidup. Sedekah ternyata juga bisa dilakukan oleh orang yang hidup kepada yang mati.

Bentuk sedekah orang yang hidup kepada yang meninggal di antaranya adalah mengirimkan Al Fatihah, mengirim doa, membaca Alquran dengan diniatkan pahalanya untuk orang yang telah meninggal, memberi makan fakir miskin dengan niat pahalanya untuk orang yang telah meninggal, dan hal serupa lainnya.

Baca Juga

Apakah sedekah kepada orang yang meninggal diperbolehkan? Justru Rasulullah SAW yang mengajarkan agar bersedekah kepada orang yang meninggal.

Maka, orang yang meninggal akan bahagia ketika mendapat sedekah dari orang yang hidup semisal kiriman doa atau pahala sedekah dari orang yang hidup dan lainnya.

Keterangan ini sebagaimana dapat ditemukan dalam kitab Wasiyatul Mustofa karya Imam Asy Syarani.

يَا عَلِيُّ، تَصَدَّقْ عَلَى مَوْتَاكَ فَإِنَّ اللهَ تَعَالَى قَدْ وَكَّلَ مَلَائِكَةً يَحْمِلُوْنَ صَدَقَاتِ الْأَحْيَاءِ إِلَيْهِمْ فَيَفْرَحُوْنَ بِهَا أَشَدَّ مَا كَانُوْا يَفْرَحُوْنَ فِي الدُّنْيَا وَيَقُوْلُوْنَ اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَنْ نَوَّرَ قَبْرَنَا وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ كَمَا بَشَّرَنَا بِهَا

Artinya: Wahai Ali, bersedekahlah engkau untuk orang-orang yang telah mati. Maka, sesungguhnya Allah SWT memerintahkan para malaikat untuk menyampaikan sedekahnya orang yang hidup kepada orang-orang yang telah mati. Sehingga orang-orang yang telah mati itu bahagia, bahkan lebih bahagia  daripada ketika di dunia. Dan orang-orang yang mati itu berdoa: 'Ya Allah ampunilah untuk orang yang menerangi kubur kami. Dan berikanlah kebahagiaan padanya dengan surga seperti dia telah membahagiakan kami dengan sedekahnya'

Keterangan ini sekaligus menjadi penguat bahwa bersedekah dengan niat agar pahala sedekahnya untuk orang yang meninggal merupakan kesunahan yang diajarkan Rasulullah SAW. Sebab itu tidak perlu mempertentangkan bila ada orang-orang yang bersedekah ke masjid, ke panti yatim piatu atau lainnya dengan tujuan agar pahala sedekahnya untuk anggota keluarganya yang telah meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement