Senin 17 Jul 2023 10:31 WIB

Rasulullah SAW Reshuffle Gubernur Bahrain

Reshuffle pernah terjadi di masa Rasulullah SAW.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Rasulullah SAW Reshuffle Gubernur Bahrain. Foto ilustrasi:  Masjid Fatima Al Houty di Kota Muharraq, Bahrain.
Foto:

Sementara Aban sendiri masuk Islam tak lama setelah pecahnya perang Hudaibiyah. Aban menjadi salah satu sahabat yang diutus Rasulullah dari Madinah untuk menaklukkan Najd. Tugas itu pun dapat dijalankannya. Aban berhasil menaklukan Najd. Sejumlah ulama seperti Umar bin Syabah, Abu Bakar bin Syaibah, Ibnu Abdil Barr, Ibnu Arsir, Ibnu Katsir dan lainnya bahkan menyebut Aban sebagai sekretaris Nabi Muhammad SAW. 

"Tatkala Rasulullah SAW mencopot jabatan Al Ala Ibnul Hadehrami di Bahrain pada tahun 9 H. Beliau lalu mengangkat Aban sebagai penggantinya untuk memerintah di bagian darat Bahrain dan perairannya. Ketika Nabi SAW wafat, Aban masih tetap menjadi Gubernur di sana sampai pada masa Khalifah Abu Bakar. Ia terbunuh ketika melakukan perjalanan menuju Syams," (Prof Dr. Muhammad Mustafa Azami dalam buku 65 Sekretaris Nabi diterbitkan Gema Insani, 2008). 

Ia terbunuh pada perang Ajnadain tahun 13 H. Sebagian ulama berpendapat bahwa ia terbunuh pada perang Yarmuk tahun 15 H. Pendapat lainnya mengatakan Aban meninggal setahun setelah perang Yarmuk.

Setelah Rasulullah wafat, Al Alla bin Hadhrami memutuskan meninggalkan Bahrain dan tinggal di Madinah. Tetapi penduduk Bahrain meminta Khalifah Abu Bakar agar menugaskan kembali Al Alla bin Hadhrami sebagai Gubernur di Bahrain. Abu Bakar pun memenuhi permintaan rakyat Bahrain dan kembali mengutus Al Alla ke Bahrain. Kepemimpinan Al Alla berlanjut pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Ahli sejarah berpendapat bahwa Al Alla meninggal di Bahrain lalu digantikan oleh Abu Hurairah ad Dausi. 

photo
Infografis baiat sahabat di hadapan Nabi Muhammad - (Dok Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement