Senin 17 Jul 2023 10:31 WIB

Rasulullah SAW Reshuffle Gubernur Bahrain

Reshuffle pernah terjadi di masa Rasulullah SAW.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Rasulullah SAW Reshuffle Gubernur Bahrain. Foto ilustrasi:  Masjid Fatima Al Houty di Kota Muharraq, Bahrain.
Foto: Bahrain News Agency
Rasulullah SAW Reshuffle Gubernur Bahrain. Foto ilustrasi: Masjid Fatima Al Houty di Kota Muharraq, Bahrain.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Presiden Joko Widodo melakukan perombakan atau reshuffle dalam kabinet Indonesia Maju pada Senin (17/07/2023). Jokowi mencopot beberapa menteri dan menggantinya dengan nama-nama baru.

Terlepas dari topik tersebut, Rasulullah SAW juga pernah melakukan reshuffle. Salah satunya, yakni melakukan perombakan jabatan di tingkat kegubernuran.

Baca Juga

Rasulullah SAW pernah mencopot jabatan Al Ala Ibnul Hadhrami sebagai Gubernur Bahrain dan menggantinya dengan Aban bin Sa'id Ibnul Ash bin Umayyah. Penulis belum menemukan referensi yang kuat tentang sebab Rasulullah mengganti posisi Al Ala Ibnul Hadhrami sebagai Gubernur Bahrain. Tetapi sebagian ahli sejarah ada yang menjelaskan bahwa Al Ala kemudian ditugaskan untuk memimpin wilayah Al Qathif, Bahrain sedang Aban ditempatkan di Al Khath, Bahrain. 

"Para ahli sejarah mengatakan bahwa Rasulullah mengganti Al Alla bin Hadhrami dengan Abban bin Sa'id bin Al Ash bin Umayyah untuk jabatan gubernur. Sebagian ahli sejarah yang lain mengatakan, sesungguhnya Al Alla ditugaskan untuk wilayah Al Qathif di Bahrain sedang Al Abban ditugaskan untuk wilayah Al Khath di Bahrain," (Syekh Al Baladzuri dalam Fathul Buldan,2015).

 

Al Ala sendiri memiliki rekam jejak cukup baik dalam menjalankan tugasnya. Ia pernah diutus untuk mengirim surat Rasulullah kepada penguasa Bahrain yakni Mundzir bin Sawa. Setelah menerima surat tersebut, pemimpin Bahrain itupun masuk Islam. Al Ala juga mengirim surat Rasulullah pada penguasa Hajar atau Sebakhat yang berhasil mengislamkan penguasa tersebut. Al Ala juga berhasil meningkatkan pengumpulan zakat berkali-kali lipat. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement