Senin 17 Jul 2023 05:05 WIB

Pintu Rezeki Terbuka Selama tak Malas Kerjakan 4 Rakaat Sholat Dhuha

Nabi Muhammad meminta umatnya tidak malas melaksanakan sholat dhuha.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pintu Rezeki Terbuka Selama tak Malas Kerjakan 4 Rakaat Sholat Dhuha
Foto: Dok Republika
Pintu Rezeki Terbuka Selama tak Malas Kerjakan 4 Rakaat Sholat Dhuha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hendaknya seorang Muslim memulai pagi hari dengan ibadah yang mudah untuk dikerjakan, yaitu melaksanakan sholat dhuha. Sholat dhuha adalah amal shaleh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya.

Keutamaan melaksanakan sholat dhuha tercantum dalam hadits Nabi Muhammad SAW, di mana beliau SAW bersabda:

Baca Juga

عَنْ أَبِى ذَرٍّ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ قَالَ « يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى » أخرجه مسلم

"Setiap pagi, setiap anak Adam wajib baginya bersedekah untuk setiap persendian yang ada di tubuhnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap ajakan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah. Semua itu tercukupi dengan dua rakaat (sholat) dhuha." (HR Muslim, jalur riwayat Abu Dzar)

Dalam riwayat hadits lain, Nabi Muhammad SAW berpesan untuk menjaga empat rakaat sholat sunnah di awal hari. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Wahai anak adam, janganlah engkau luput dari 4 rakaat di awal harimu, niscaya akan aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu." (HR Ahmad)

Sholat dhuha empat rakaat juga memiliki keutamaan yang besar sehingga Nabi SAW pun meminta umatnya untuk tidak malas mengerjakannya. Naim bin Hammar RA berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Allah berfirman, Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas melakukan sholat empat rakaat pada pagi hari (sholat dhuha), karena akan Aku cukupi kebutuhanmu hingga sore hari." (HR Abu Daud)

Orang yang melakukan ibadah sholat dhuha juga akan diganjar dengan keuntungan berlipat ganda. Dalam hadits riwayat Abdullah bin Amr bin Ash RA, dia berkata:

Rasulullah SAW mengirimkan sepasukan tentara lalu banyak mendapatkan harta rampasan dan cepat pulang. Orang-orang mempercakapkan cepatnya perang itu dan banyaknya harta rampasan yang didapat.

Lalu Rasulullah SAW bersabda, 'Maukah kamu saya tunjukkan sesuatu yang lebih cepat dari peperangan semacam itu, lebih banyak pula rampasan yang diperoleh bahkan lebih cepat pulangnya dari itu? Yaitu seorang yang berwudhu, kemudian pergi ke masjid untuk sholat sunnah dhuha. Orang itulah yang lebih cepat perangnya, lebih banyak ghanimah-nya dan lebih cepat pulangnya.'" (HR Ahmad, Thabrani, Abu Ya'la)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement