Sabtu 15 Jul 2023 20:37 WIB

Tempat Bertemunya Orang Beriman kepada Nabi Muhammad Meminta Syafaat 

Nabi Muhammad menyayangi semua umatnya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Muslim melaksanakan sholat dan membaca sholawat.
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Ilustrasi Muslim melaksanakan sholat dan membaca sholawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW satu-satunya nabi dan rasul yang dapat memberikan syafaat pada hari kiamat. Rasulullah SAW memberikan syafaat pada orang-orang yang beriman kepada Allah dan para utusanNya.

Apalagi umat nabi Muhammad SAW yang beriman dan menjalankan ajaran Rasulullah  serta memiliki kecintaan yang besar kepada nabi Muhammad SAW, mereka akan bersama dengan Rasulullah. 

Baca Juga

Lalu di mana orang-orang yang beriman akan bertemu Rasulullah pada hari kiamat kelak? Pertanyaan semacam ini sudah pernah ditanyakan sahabat kepada Rasulullah SAW. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan melalui jalur Anas bin Malik bin an Nadlir bin Dlamdlom bin Zaid bin Haram Rasulullah menjelaskan ada tiga tempat bagi orang yang beriman untuk bertemu dengan Rasulullah agar memperoleh syafaatnya. Yaitu di shirath, di dekat mizan dan di dekat telaga.    

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الصَّبَّاحِ الْهَاشِمِيُّ حَدَّثَنَا بَدَلُ بْنُ الْمُحَبَّرِ حَدَّثَنَا حَرْبُ بْنُ مَيْمُونٍ الْأَنْصَارِيُّ أَبُو الْخَطَّابِ حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَشْفَعَ لِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقَالَ أَنَا فَاعِلٌ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَأَيْنَ أَطْلُبُكَ قَالَ اطْلُبْنِي أَوَّلَ مَا تَطْلُبُنِي عَلَى الصِّرَاطِ قَالَ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَلْقَكَ عَلَى الصِّرَاطِ قَالَ فَاطْلُبْنِي عِنْدَ الْمِيزَانِ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَلْقَكَ عِنْدَ الْمِيزَانِ قَالَ فَاطْلُبْنِي عِنْدَ الْحَوْضِ فَإِنِّي لَا أُخْطِئُ هَذِهِ الثَّلَاثَ الْمَوَاطِنَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Ash Shabbah Al Hasyimi telah menceritakan kepada kami Badal bin Al Muhabbir telah menceritakan kepada kami Harb bin Maimun Al Anshari Abu Al Khaththab telah menceritakan kepada kami An Nadlr bin Anas bin Malik dari ayahnya berkata : Aku meminta Nabi ﷺ agar memberiku syafaat pada hari kiamat. 

Beliau bersabda, "Aku akan melakukannya." 

Ia bertanya: Wahai Rasulullah, ke mana aku mencari baginda? Beliau menjawab, "Carilah aku pada saat pertama kali kau mencari di atas shirath." Ia bertanya: Bila aku tidak bertemu dengan baginda di atas shirath? Beliau menjawab, "Carilah aku di dekat mizan." Ia bertanya: Bila aku tidak bertemu dengan baginda di dekat mizan? Beliau menjawab, "Carilah aku di dekat telaga, karena aku tidak luput dari tiga tempat itu." 

Berkata Abu Isa: Hadits ini hasan gharib, kami hanya mengetahuinya melalui jalur sanad ini. (HR. Tirmidzi)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement