Jumat 14 Jul 2023 07:19 WIB

Solusi Ummu Salamah untuk Nabi Muhammad Ketika Sahabat tidak Menuruti Perintahnya

Ummu Salamah memberi solusi pada Nabi Muhammad.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Solusi Ummu Salamah untuk Nabi Muhammad Ketika Sahabat tidak Menuruti Perintahnya
Foto:

“Aku perintahkan mereka untuk menyembelih seekor kambing sebagai tahallul umroh mereka, namun tidak ada satupun yang melaksanakannya,” jelas Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

“Oh... begitu, mengapa tidak langsung engkau lakukan saja menyembelihnya di hadapan mereka? Cobalah, mudah-mudahan dapat menjadi jalan keluarnya,” Ummu Salama memberikan saran.

Rasulullah seperti mendapatkan solusi mudah, namun sangat jitu. Maka tanpa menunggu waktu lama lagi, beliau segera perintahkan seseorang untuk mengambil sebilah pisau dan menyembelih hewan dam tersebut di hadapan para shahabat. Selesai itu beliau suruh seseorang menggundul kepalanya.

Benar saja, para shahabat yang melihat apa yang dilakukan Rasulullah tak kuasa berdiam begitu saja. Merekapun satu persatu menyembelih hewan sembelihannya sebagaimana yang diminta Rasulullah lalu menggundul kepalanya.

Sebagian lagi cukup memendekkannya. Rasulullah mendoakan orang yang menggundul kepalanya sebanyak tiga kali, sedangkan yang hanya memendekkannya didoakan sebanyak sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement