Kamis 13 Jul 2023 17:31 WIB

Tiga Golongan Manusia yang tidak akan Diampuni Allah

Umat harus memahami larangan-larangan Allah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)
Foto: republika
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di balik kasih sayang Allah, umat Islam juga harus memahami larangan-larangan-Nya. Sebab apabila larangan-Nya dilanggar, maka terdapat konsekuensi yang Allah janjikan.

Muhammad Fuad Abdul Baqi dalam kitab Al Lu'lu wal Marjan menjelaskan mengenai tiga golongan manusia yang tiada diberi ampunan oleh Allah. Bahkan Allah SWT tidak akan melihat kepadanya pada hari kiamat.

Baca Juga

Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga golongan manusia yang Allah tidak akan melihat kepadanya pada Hari Kiamat dan tidak akan memaafkannya dan bagi mereka siksa yang pedih.

Pertama, seorang yang mempunyai kelebihan air di tengah jalan namun tidak memberi kepada seorang musafir yang membutuhkan.

Kedua, seseorang yang membaiat imamanya (pemimpinnya) hanya semata untuk dunia, bila diberi sebagiannya ia suka, bila tidak diberi ia tidak menyukainnya.

Ketiga seseorang yang menjual barangnya setelah asar lalu bersumpah: Demi Allah yang tidak ada Tuhan selain-Nya, aku telah membayar sekian-sekian kepada penjualnya, lalu pembelinya mempercayainya, kemudian Nabi membacakan ayat.

Ayatnya berbunyi: Sesungguhnya orang-orang yang menukar janjinya dengan Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit. (QS Ali Imran ayat 77)." (HR Bukhari dan Muslim).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement