Kamis 13 Jul 2023 07:31 WIB

10 Cara Hidup Muslim untuk Merengkuh Ridha Allah SWT

Manusia tidak diciptakan kecuali hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang jamaah melaksanakan shalat sunat di Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/4/2023). Masjid yang dapat menampung sekitar 13 ribu jamaah tersebut memiliki 99 kubah dan menjadi salah satu destinasi wisata religi di daerah itu saat Ramadhan 1444 H.
Foto:

5. Bersikap baik kepada orang tua

Kebaikan dan ketaatan kepada orang tua adalah salah satu hal yang paling ditekankan dalam Islam. Allah memerintahkan untuk memperlakukan orang tua hanya dengan cinta dan hormat dan merawat mereka tanpa banyak keluhan, karena mereka paling berharga.

6. Dalam Menghadapi Kesulitan, Bersabarlah

Ujian dan kesulitan adalah bagian dari ujian terakhir di dunia ini. Yang paling penting adalah bagaimana kita bereaksi terhadapnya. Apapun cobaan dan kesengsaraan yang kita alami di dunia ini, kita akan diberi kompensasi untuk itu di kehidupan berikutnya.

Hal tersebut hanya terjadi jika seorang Muslim memilih untuk tetap sabar dan menanggung kesulitan dengan hati yang mantap dan keimanan yang tak tergoyahkan kepada Allah dan Kehendak-Nya.

Kesukaran dan cobaan di dunia ini adalah pembuka jalan yang lebih pasti menuju pahala dan surga. Setiap kali Anda merasa harapan dan kekuatan telah hilang, kembalilah kepada Allah. Serahkan diri Anda dan penderitaan Anda kepada-Nya. Allah SWT tidak pernah mengecewakan setiap hamba-Nya.

7. Bersikap baik dan adil

Allah menyukai orang-orang yang baik terhadap ciptaan-Nya. Kita diperintahkan untuk mengintegrasikan kebaikan dalam hubungan sehari-hari dengan orang-orang di sekitar kita dan bertindak adil terhadap mereka. Ingatlah ketika berbuat baik kepada sesama, maka kebaikan akan datang, dalam segala bentuknya. Bantulah tetangga, teman, dan mereka yang membutuhkan.

8. Ucapkan Ayat Kursi setiap setelah sholat

Sholat adalah ibadah utama dalam Islam. Namun, ada satu amalan sederhana yang dapat meningkatkan keberkahan, yaitu dengan mengucapkan ayat kursi. Hanya membutuhkan waktu setengah menit untuk membacanya, tetapi pahala dan berkahnya bisa bertahan selamanya.

9. Memaafkan

Allah meminta hamba-Nya untuk memaafkan, sama seperti kita yang ingin Allah mengampuni kita atas dosa-dosa. Kemarahan, kedengkian, balas dendam, dan kebencian hanya menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan kerusakan. Tidak ada hal baik yang keluar dari menyimpan dendam terhadap orang yang telah berbuat salah kepada kita.

10. Berserah diri

Allah SWT berfirman, "...Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal." (QS Ali Imran ayat 159)

Berserah diri kepada Allah berarti melampaui semua kata dan mengandalkan Allah dengan segenap hati dan jiwa. Ketergantungan pada Allah berarti Anda melakukan segala sesuatu yang berada dalam kendali Anda untuk mengejar tujuan hidup Anda.

Ketahuilah bahwa apa pun yang terjadi di masa depan, itu demi kepentingan terbaik kita. Apa pun hasilnya, itu adalah Kehendak Ilahi Yang Mahakuasa dan itulah yang telah Dia tetapkan.

Dari Umar bin Khattab, Nabi SAW bersabda, "Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang." (HR Tirmidzi dan Ahmad)

Seorang Muslim harus terus-menerus berjuang untuk melakukan amal saleh yang diridhai Allah untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Kita memiliki waktu yang terbatas di dunia ini untuk berbuat kebaikan sebanyak mungkin untuk mengamankan tempat bagi diri kita sendiri dalam kebahagiaan abadi surga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement