Rabu 12 Jul 2023 15:05 WIB

Perbedaan Kisah Nabi Nuh dalam Alquran dan Alkitab

Percaya pada semua nabi Allah adalah salah satu rukun iman.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Perbedaan Kisah Nabi Nuh dalam Alquran dan Alkitab
Foto:

Sementara, tradisi Alkitab memberi tahu bahwa Nuh adalah orang yang berbudi luhur, Alquran melangkah lebih jauh dan mengatakan bahwa dia adalah contoh cemerlang dari kebenaran di masa yang penuh dengan pelanggaran hukum dan dosa. Narasi Nuh dalam Alkitab sangat mirip seperti dalam Alquran, kecuali dalam dua hal.

Yang pertama, terkait dengan orang-orang yang memasuki bahtera. Air bah, yang menurut Alkitab dikirim untuk menghancurkan semua kehidupan dan kejahatan, diturunkan menjadi peristiwa regional dalam Alquran.

Menurut Alkitab, satu-satunya manusia yang diselamatkan adalah Nuh dan keluarga besarnya. Sementara, Alquran menjelaskan bahwa ada orang lain yang menerima pesan Tuhan dan mereka juga diselamatkan di dalam bahtera.

Kendati demikian, para ulama Islam berbeda dalam jumlah mereka. Ada yang mengatakan hingga 80 anggota non-keluarga memasuki bahtera bersama Nuh dan keluarganya.

Selain itu, Alquran memberi informasi lebih detail dengan menjelaskan istri Nuh tidak masuk ke dalam bahtera karena dia memilih untuk tidak percaya pada misi suaminya, bahkan kita diberitahu dalam Alquran bahwa dia berkhianat.

Kisah Alquran tentang banjir juga mengatakan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement