Selasa 11 Jul 2023 19:37 WIB

Melatih Keikhlasan dengan Mendoakan Orang Lain

Ikhlas membiasakan diri untuk legawa dan bijak menjalani hidup.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mendoakan orang lain, cara untuk terbiasa ikhlas.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi mendoakan orang lain, cara untuk terbiasa ikhlas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu tips bagi muslim agar menjadi memiliki hati yang ikhlas yakni dengan mendoakan orang lain. Ini merupakan salah satu manfaat dari mendoakan orang lain.

Terdapat beberapa manfaat dari mendoakan orang lain, di antaranya melatih hati dalam keikhlasan, meraih pahala, mendapatkan pahala ihsan (kebajikan) kepada saudara yang lain dan mendapatkan doa yang mustajab.

Baca Juga

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan, dahulu sebagian salaf manakala dia ingin berdoa kebaikan untuk dirinya, maka dia berdoa kebaikan tersebut untuk saudaranya. Mengapa demikian? karena dia mengetahui bahwasanya doa tersebut adalah doa yang Mustajab. Doa yang akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dan dia akan mendapatkan semisal apa yang diminta untuk saudaranya.

Dengan sekali berdoa, maka seorang muslim akan mendapat banyak fawaid. Pertama, ia melatih dirinya untuk senantiasa ikhlas dan tulus karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala, ia mencintai saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya. Ini adalah kesempurnaan iman sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam.

 

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

"Tidak sempurna iman seseorang diantara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa-apa yang dia Cintai untuk dirinya sendiri" (HR Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya yang kedua dia akan mendapatkan pahala berdoa, karena doa itu sendiri adalah inti ibadah. Ketiga doa yang diucapkannya akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala cepat ataupun lambat. Kemudian yang keempat dia akan memperoleh apa yang diminta untuk saudaranya tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement