Ahad 09 Jul 2023 00:56 WIB

Alquran akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Alquran penenang hati orang beriman.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Siswa sekolah Islam Pakistan membaca Alquran di jalan saat demonstrasi menentang Swedia di Karachi, Pakistan, (6/7/2023).
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Siswa sekolah Islam Pakistan membaca Alquran di jalan saat demonstrasi menentang Swedia di Karachi, Pakistan, (6/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syafaat dianggap sebagai rahmat dan kemuliaan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya. Dalam konteks Alquran, diyakini bahwa Alquran memiliki keistimewaan dan kekuatan untuk memberikan syafaat di Hari Kiamat.

Ayat-ayat dalam Alquran mengungkapkan bahwa Alquran akan menjadi saksi bagi umat Muslim yang mematuhi ajarannya dengan baik dan menjalankan kehidupan mereka sesuai dengan ketentuan-Nya. Alquran juga dianggap sebagai petunjuk hidup yang memberikan kebaikan dan petunjuk kepada umat manusia.

Baca Juga

Namun, penting untuk dicatat bahwa syafaat yang diberikan oleh Alquran pada Hari Kiamat adalah wewenang yang diberikan oleh Allah. Hanya dengan kehendak-Nya, Alquran dapat memberikan syafaat kepada mereka yang berhak menerimanya.

Oleh karena itu, dalam Islam, umat Islam diajarkan untuk memperoleh pemahaman yang baik tentang Alquran, mengamalkan ajarannya, dan menjalani hidup yang saleh agar berhak mendapatkan syafaat tersebut.

Dalam sebuah hadits dijelaskan,

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِقْرَؤُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهِ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAAW bersabda, “Bacalah Alquran karena pada hari kiamat, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya.” (HR Muslim).

Keterangan dari Nuzhah Al-Muttaqin (hlm. 394), syafii’an adalah memberi syafaat dengan memintakan ampun pada shahibul quran, yakni orang yang membaca dan mengamalkan hukum serta petunjuk dalam Alquran.

Hadits di atas mendorong umat Islam agar memperbanyak membaca Alquran. Karena, Alquran mengandung banyak keutamaan dan keagungan. Tidak saja bagi mereka yang membaca, tetapi juga bagi mereka yang mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang membaca Alquran dan mengajarkannya." (HR Bukhari dari Usman bin Affan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement