Jumat 07 Jul 2023 13:09 WIB

Balasan Orang yang Menebar Kasih Sayang 

Menebar kasih sayang merupakan akhlak mulia yang menjaga citra Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi menguatkan ibadah sebagai jalan melembutkan hati dan akhlak mulia.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi menguatkan ibadah sebagai jalan melembutkan hati dan akhlak mulia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Muslim diperintahkan untuk menebar cinta dan kasih sayang di muka bumi. Sebab Allah SWT adalah dzat yang Maha Pengasih dan Penyayang. Karena itu Allah akan menyayangi orang-orang yang menebar cinta dan kasih sayang kepada setiap makhluk tanpa pandang bulu.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

Baca Juga

اِنَّمَا يَرْحَمُ اللهُ مِنْ عِبَادِهِ الرُّحَمَاءَ. (رواه الطبراني

Allah hanya sayang kepada hamba-hamba-Nya yang pengasih (HR. Thabrani)

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk mencintai dan menyayangi semua makhluk. Bahkan Rasulullah tetap memberikan kasih sayangnya serta perhatiannya terhadap orang-orang yang mencelanya, mencacinya dan memusuhinya. Masyhur kisah tentang seorang tua buta yang saban hari mencaci maki Rasulullah, tapi tanpa sepengetahuan orang tersebut Rasulullah selalu memberinya makan bahkan menyuapinya. Ketika Rasulullah sudah wafat, sahabat Abu Bakar memberitahukan orang tua yang buta tersebut bahwa orang yang setiap hari menyuapinya makan adalah orang yang saban hari dicaci dan dimaki olehnya yakni nabi Muhammad SAW.  

Hingga orang tua buta itupun kemudian memeluk Islam. Begitu juga ketika Rasulullah menyampaikan misi dakwah ke Thaif, penduduk Thaif kala itu justru melempari Rasulullah dengan batu. Tapi dengan kasih sayangnya Rasulullah justru mendoakan penduduk Thaif agar mendapatkan hidayah. 

Oleh karena itu, orang yang menebar kasih sayang pasti meraih kemenangan, keberuntungan, kebahagiaan dunia dan akhirat. Orang yang menebar kasih sayang pasti akan disayangi Allah dan juga akan disayangi oleh setiap makhluk. 

الرَّاحِمُوْنَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمٰنُ تَبَارَكَ وَتَعَالىَ اِرْحَمُوْا مَنْ فِى اْلأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِىالسَّمَاءِ. (رواه احمد وابو داود والترمذي والحاكم

Orang-orang yang penyayang, akan disayangi oleh Allah yang Rahman Tabaraka wa Ta‘ala.(Oleh karena itu) sayangilah semua makhluk yang di bumi, niscaya semua makhluk yang di langit akan menyayangi kamu semua. (Riwayat Ahmad, Abu Dawud at-Tirmizi dan al-Hakim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement