Rabu 05 Jul 2023 23:34 WIB

Keadaan Kiamat, Manusia Panik Melihat Gunung Berterbangan 

Tak ada satu pun dari gunung-gunung itu yang tersisa saat kiamat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Kiamat
Foto: Republika/Mufti Nurhadi
Ilustrasi Kiamat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Salah satu peristiwa dahsyat yang terjadi saat Kiamat adalah hancurnya gunung-gunung di seluruh penjuru dunia. Tak ada satu pun dari gunung-gunung itu yang tersisa, semuanya hancur lebur. Pada saat itu gunung-gunung berterbangan di udara ibarat debu yang terbawa angin. Allah SWT berfirman:

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْجِبَالِ فَقُلْ يَنْسِفُهَا رَبِّيْ نَسْفًا

Baca Juga

Artinya: Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang gunung-gunung, maka katakanlah, “Tuhanku akan menghancurkannya (pada hari Kiamat) sehancur-hancurnya (Alquran surat Taha ayat 105). 

Manusia yang masih hidup saat itu akan menyaksikan betapa mencekamnya keadaan saat itu. Mereka melihat dengan mata telanjangnya gunung-gunung berterbangan. Allah SWT berfirman :

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ فَفَزِعَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗوَكُلٌّ اَتَوْهُ دٰخِرِيْنَ * وَتَرَى الْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَّهِيَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِۗ صُنْعَ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اَتْقَنَ كُلَّ شَيْءٍۗ اِنَّهٗ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَفْعَلُوْنَ 

Artinya: Dan (ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri. Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan (seperti) awan berjalan. (Itulah) ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Mahateliti apa yang kamu kerjakan. (Alquran surat An Naml ayat 87-88).

Keadaan saat itu sangat kacau. Seluruh manusia panik lari berhamburan ke sana kemari berupaya menyelamatkan dirinya masing-masing. Allah berfirman: 

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ * وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ 

Artinya : Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan (Alquran surat Al Qari'ah ayat 4-5)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement