Rabu 05 Jul 2023 13:50 WIB

Segini Ukuran Tombak Beracun Malaikat Maut yang Terbuat dari Api

Tongkat itu dipukulkan kepada ahli maksiat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Segini Ukuran Tombak Beracun Malaikat Maut yang Terbuat dari Api
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Segini Ukuran Tombak Beracun Malaikat Maut yang Terbuat dari Api

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malaikat Maut memiliki tombak beracun dari api yang digunakan untuk mencabut nyawa orang-orang yang ingkar dan bermaksiat kepada Allah.

Dalam kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi dijelaskan malaikat maut menombak pada bagian dada dengan tombak api beracun dari api sehingga terlempar rohnya. Setelah itu malaikat mengambil roh itu dan memberikannya kepada malaikat Zabaniyah.

Baca Juga

فمنهم من يطعنه الملك حينئذ بحربة مسمومة قد سقيت سما من نار

"Maka pada saat itu beberapa dari mereka (orang yang sakaratul maut) ada yang ditombak oleh Malaikat Maut dengan tombak beracun dari api,"

 

Keadaan sakaratul maut seperti ini tentu dialami oleh orang-orang yang memiki dosa-dosa dan tidak mentaati Allah SWT, sedangkan roh orang-orang saleh akan dicabut oleh malaikat maut dengan perlahan-lahan.

ومن الموتى من تجذب نفسه رويدا حتى تنحصر في الحنجرة ، وليس يبقى في الحنجرة إلا شعبة متصلة بالقلب ، فحينئذ يطعنها بتلك الحربة الموصوفة.

Dan di antara orang yang mati ada yang ditarik rohnya pelan-pelan sehingga tertahan di kerongkongan, dan tak ada yang tersisa di kerongkongan kecuali yang berhubungan dengan qolbu (bagi orang yang ingkar dan ahli maksiat) maka kemudian ketika itu malaikat maut menikamnya dengan tombak tersebut.

Lebih lanjut, dijelaskan tentang ukuran tombaknya Malaikat Maut yang panjangnya dari Timur ke Barat. Tongkat itu dipukulkan kepada ahli maksiat.

قال المؤلف: ولم أجد لهذه الحربة في الأخبار ذكرا إلا ما ذكره أبو نعيم الحافظ قال: حدثنا أحمد بن عبد الله بن محمود قال: حدثنا محمد بن أحمد بن يحيى قال: حدثنا (سلمة بن شبيب) قال : حدثنا الوليد بن مسلم قال: حدثنا ثور بن يزيد عن خالد بن معدان عن معاذ بن جبل قال : إن لملك الموت عليه السلام لحربة يبلغ بها ما بين المشرق والمغرب ، فإذا انقضى أجل عبد من الدنيا ضرب رأسه بتلك الحربة ، فقال: الآن يزار بك عسكر الأموات.

Berkata Mualif: Saya tidak menemukan riwayat tentang tombak malaikat maut ini kecuali yang disebutkan dari Abu Nu'aim Al Hafiz, ia berkata: diriwayatkan dari Ahmad bin Abdullah bin Mahmud, ia berkata: diriwayatkan dari Muhammad bin Ahmad bin Yahya, ia berkata: dari Salamah bin Syabib, dia berkata: dari Al Walid bin Muslim, ia berkata: dari Tsaur bin Yazid, ia berkata: dari Khalid bin Ma'dan dari Mu'adz bin Jabal, dia berkata: Bahwa Malaikat maut mempunyai tombak sepanjang Timur dan Barat. Apabila ajal seorang hamba di dunia telah habis maka malaikat maut memukulkan tombak itu ke kepala hamba itu. Malaikat Maut lalu berkata:  Sekarang tentara kematian telah datang mengunjungimu. Wallahu'alam

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement