Ahad 02 Jul 2023 20:59 WIB

Barito Putera Awali Langkah di Liga 1 2023/2024 Dengan Torehan Kemenangan

Barito Putera sukses mencetak dua gol kemenangan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo klub Barito Putera. Barito Putera mengawali kiprah di Liga 1 musim 2023/2024 dengan cukup menyakinkan.
Foto: dok Barito Putera
Logo klub Barito Putera. Barito Putera mengawali kiprah di Liga 1 musim 2023/2024 dengan cukup menyakinkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Barito Putera mengawali kiprah di Liga 1 musim 2023/2024 dengan cukup meyakinkan. Menjamu Persita Tangerang di Stadion Demang Lehman pada pekan pembuka Liga 1 2023/2024, Barito Putera sukses memetik kemenangan, 2-0, Ahad (2/6/2023) malam WIB.

Dua gol tim besutan Rahmad Darmawan tersebut di laga itu masing-masing dicetak oleh Gustavo Tocantins dan Rizky Pora pada babak pertama. Torehan kemenangan ini pun mengantarkan Barito Putera memimpin klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi tiga poin. Tim yang nyaris terdegradasi di Liga 1 musim lalu itu unggul jumlah selisih gol dari Persebaya Surabaya, yang duduk di peringkat kedua.

Baca Juga

 

Jalannya pertandingan

Terus menekan sejak menit pertama, Barito Putera akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit ke-14. Gustavo Tocantins berhasil menyambar bola hasil sepakan Mike Ott, yang sempat membentur mistar gawang. Tocantins menjadi pemain pertama yang menyambar bola dan mengarahkan bola ke gawang yang kosong. 

Pada pertengahan babak pertama, Persita Tangerang memiliki peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Mateo Bustos melepaskan sepakan mendatar tepat di dalam kotak penalti. Bustos menyambut umpan terobosan dari Ramiro Fergunzi. Namun, peluang Bustos itu berakhir dengan penyelamatan kiper Barito Putera, Ega Rizky.

Laskar Antasari, julukan Barito Putera, justru berhasil menggandakan keunggulan, tepatnya pada menit ke-26. Adalah Rizky Pora yang mencatatkan namanya di papan skor. Setelah menerima sodoran umpan dari Tocantins, gelandang serang berusia 33 tahun itu melepaskan sepakan kaki kiri terarah dari depan kotak penalti.

Bola sepakan Rizky Pora menghunjam di pojok kanan atas gawang tanpa bisa dijangkau oleh kiper Persita Tangerang, Adhitya Harlan. Keunggulan dua gol ini mampu dipertahankan Barito Putera hingga babak pertama usai. 

Di sisi lain, Persita Tangerang masih kesulitan untuk bisa menembus pertahanan Barito Putera. Pendekar Cisadane, julukan Persita Tangerang, diketahui hanya melepaskan satu tembakan tepat ke arah gawang pada sepanjang babak pertama.

Pada awal babak kedua, tempo permainan cenderung berjalan lambat. Persita Tangerang berusaha menjaga penguasaan bola. Tim besutan Luis Duran itu berusaha dengan sabar membongkar pertahanan tim tuan rumah. Sementara, Barito Putera mengandalkan kecepatan dalam mengalirkan bola begitu berhasil merebut kendali bola.

Peluang pertama pada babak kedua menjadi milik tim tuan rumah, tepatnya pada menit ke-66. Ott berhasil merangsek ke sisi kanan petahanan tim tamu sebelum akhirnya melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti. Bola pun mendarat di kaki Tocantins. Namun, sepakan Tocantins masih melebar di sisi kiri gawang Pendekar Cisadane.

Memasuki 15 menit akhir pertandingan, Persita Tangerang terus memberikan tekanan buat lini belakang Barito Putera. Salah satu peluang didapatkan Bustos seusai melakukan umpan satu-dua dengan Bae Sin-young. Kendati begitu, sepakan Bustos masih dengan mudah ditangkap oleh Ega Rizky. Skor, 2-0, untuk keunggulan Barito Putera akhirnya tetap bertahan hingga laga seusai. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement