Rabu 28 Jun 2023 09:39 WIB

Mengapa Nabi Ibrahim Termasuk Ulul Azmi? Ini 4 Cobaan yang Beliau Terima

Nabi Ibrahim adalah sosok yang tegar menghadapi cobaan dan ujian

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Suasana di sekitar Kabah di dalam Masjidil Haram (ilustrasi). Nabi Ibrahim adalah sosok yang tegar menghadapi cobaan dan ujian
Foto:

Namun, api yang berkobar yang hendak membakar nabi Ibrahim menjadi dingin atas perintah Allah SWT. Dalam Alquran surat Anbiya ayat 69, Allah SWT berfirman:

قُلْنَا يَا نَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلَمًا عَلَى إِبْراهِيْمَ Artinya: “Kami Allah berfirman, ‘Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!’,”

Setelah peristiwa itu, Nabi Ibrahimn bersama istrinya hijrah ke Syam untuk beribadah dengan tenang.

2. Diperintahkan khitan

Pada usia 99 tahun, Nabi Ibrahim As diperintahkan oleh Allah SWT untuk melakukan khitan, maka kemudian beliau berkhitan bersama putranya Ismail yang berusia 13 tahun. ejak saat itu Nabi Ibrahim mulai melaksanakan khitan dalam keluarganya.

3. Diperintahkan menyembelih putranya

Allah SWT juga memerintah dan memberikan ujian kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya, Ismail, yang masih berusia 13 tahun sebagai qurban. Demi membuktikan kecintaannya kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim pun melaksanakannya dengan penuh ketaatan, keimanan dan keikhlasan yang tinggi.

Namun, Allah SWT kemudian menggantinya dengan menyembelih hewan. Peristiwa besar ini telah dilakukan umat Islam sampai saat ini hingga hari akhir yang disebut dengan Hari Raya Qurban  atau Idul Adha.

Baca juga: Mengapa Tuyul Bisa Leluasa Masuk Rumah? Ini Beberapa Penyebabnya

 

4. Diperintahkan bangun kabah

Nabi Ibrahim diperintahkan Allah SWT untuk membangun Kabah menjadi kiblat sholat umat Islam seluruh dunia hingga saat ini. Kabah ini menjadi salah satu bukti kebesaran maqam Nabi Ibrahim AS di sisi Allah.

 

Kabah merupakan sebuah bangunan suci yang sangat bersejarah dan akan tetap abadi hingga sampai hari akhir nanti. Dalam membangun Kabah ini, Nabi Ibrahim sendiri yang menjadi tukangnya dan dibantu oleh putranya Ismail yang menjadi kulinya, serta dibantu  Malaikat Jibril yang menjadi arsitekturnya.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement