Selasa 27 Jun 2023 22:30 WIB

Asrorun: MUI Keluarkan Fatwa Al Zaytun Pekan Ini

Asrorun sebut MUI akan mengeluarkan fatwa tentang Ponpes Al Zaytun pada pekan ini.

Rep: Mabruroh/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Saleh. Asrorun sebut MUI akan mengeluarkan fatwa tentang Ponpes Al Zaytun pada pekan ini.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Saleh. Asrorun sebut MUI akan mengeluarkan fatwa tentang Ponpes Al Zaytun pada pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Saleh mengatakan, pihaknya sudah mendengarkan laporan dari tim peneliti terkait kontroversi di Al-Zaytun. Selanjutnya, pihaknya akan segera mengkaji untuk kemudian mengeluarkan fatwa atas kasus tersebut. 

"Tadi dilaksanakan rapat pimpinan MUI salah satu agendanya adalah mendengar laporan tim pengkajian yang sudah dilaksanakan, dan setelah itu akan didalami lebih lanjut untuk kepentingan tindak lanjutnya," kata Asrorun di Kantor MUI Pusat, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga

Dalam laporan tersebut, lanjut Asrorun, poin-poin yang dibahas mulai dari klarifikasi atas beberapa masalah yang sudah diinventarisasi oleh tim MUI. Beberapa poin sudah dikonfirmasi langsung kepada Panji Gumilang dan beberapa poin lainnya didapatkan tim dari sumber-sumber lain.

“Sudah mengonfirmasi dan mengklarifikasi dan itu juga sudah dilaksanakan hasilnya dilaporkan tadi, salah satu sumber konfirmasi langsung ke Panji, akan tetapi itu salah satu saja, ada sumber-sumber lain yang kemudian digali oleh tim dan tadi juga sudah dilaporkan,” jelas Asrorun.

Selanjutnya poin-poin itu akan dikaji oleh Tim Fatwa MU. Namun terkait kapan fatwa tersebut akan dikeluarkan, Asrorun memastikan bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan dalam waktu dekat.

“Insya Allah (dalam pekan ini),” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement