Kamis 22 Jun 2023 11:54 WIB

20 Kata Bahasa Inggris yang Berasal dari Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan elemen yang menginspirasi Bahasa Inggris.

Ilustrasi keindahan kaligrafi Arab yang menarik perharian peradaban Barat dan mengambil sebagian tradisi Arab ke tradisi Barat.
Foto:

15. Ghoul. Bahasa Arab menyebutnya ghul

Diksi ini digunakan untuk menggambarkan setan yang memakan anggota badan yang terserang penyakit. Asal kata ghul adalah ghala yang artinya mengukur.

16. Carat. Dalam bahasa Arab disebut qirath

Dalam bahasa Inggris, istilah ini digunakan untuk mengukur kualitas suatu logam atau permata. Qirath dalam Bahasa Arab berarti berat yang ringan.

17. Kohl. Dalam bahasa Arab disebut Kohul

Kata ini sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk menggelapkan kelopak mata. Begitu juga sekarang, kata tersebut masih dipakai. Produk arang banyak digunakan di seluruh dunia untuk kecantikan. Kata kohul berasal dari kata kahala yang berarti gambar atau lukisan.

18. Loofah. Dalam arab disebut layfah istihmam

Kata layfah atau loofah menggambarkan tanaman berserat yang dapat dimanfaatkan untuk spon.

19. Alchemy. Dalam Arab disebut kimia

Bahasa Arab mengambil istilah ini dari Yunani kuno (khemia). Kemudian digunakanlah dalam tradisi Arab sebagai bagian dari sains. Inggris juga menggunakan istilah tersebut dengan sebutan alchemy.

20. Jarr. Dalam bahasa Arab disebut jarrah

Jar adalah semacam guci atau bawang pecah belah yang sering digambarkan untuk hiasan puisi. Pertama kali istilah jarr tertulis pada 1418 dan 1421 yang berarti tempat menampung minyak zaitun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement