Kamis 22 Jun 2023 11:54 WIB

20 Kata Bahasa Inggris yang Berasal dari Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan elemen yang menginspirasi Bahasa Inggris.

Ilustrasi keindahan kaligrafi Arab yang menarik perharian peradaban Barat dan mengambil sebagian tradisi Arab ke tradisi Barat.
Foto:

5. Safari, dalam bahasa Arab disebut safar 

Artinya perjalanan. Bahasa Inggris mengadopsi ungkapan bahasa Swahili – safari – pada abad ke-19. Pada masa itu mereka melakukan ekspedisi berburu di Afrika Timur. Kata safari berasal dari Arab yang berarti perjalanan atau journey dalam Inggris.

6. Sugar. Dalam bahasa Arab disebut sukkar

Pada abad ke-6 Masehi panen gula mencapai persia dan dibawa ke Mediterania oleh orang Arab. Kemudian Bahasa Inggris mengadopsi sukkar menjadi sugar. Artinya gula.

7. Coffee. Dalam bahasa Arab disebut qohwah atau gahwa

Kebiasaan menikmati kopi terjadi sejak lama. Namun, penyebutan qahwah berikut kebiasaan menikmati kopi, dibawa oleh Arab ke Eropa. Kemudian menjadi kebiasaan baru di Eropa, termasuk Inggris.

8. Monsoon. Dalam Arab disebut mawsim

Pelaut Arab pada masa lalu berlayar menelusuri Samudera Hindia. Dalam perbincangan, mereka mengucapkan mawsim untuk menjelaskan musim atau season untuk menunjukkan perubahan dan kondisi arah angin. Kemudian kata mawsim diadopsi oleh pelaut Inggris untuk memudahkan mereka melakukan navigasi saat cuaca ekstrem terjadi. Lambat laun penyebutan mawsim berubah menjadi monsoon yang berarti musim.

9. Lemon. Dalam Bahasa Arab disebut limun

Bahasa Arab laymoon atau limun. Artinya jeruk lemon.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement