Kamis 22 Jun 2023 11:54 WIB

20 Kata Bahasa Inggris yang Berasal dari Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan elemen yang menginspirasi Bahasa Inggris.

Ilustrasi keindahan kaligrafi Arab yang menarik perharian peradaban Barat dan mengambil sebagian tradisi Arab ke tradisi Barat.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi keindahan kaligrafi Arab yang menarik perharian peradaban Barat dan mengambil sebagian tradisi Arab ke tradisi Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bahasa Inggris yang sekarang mendunia, ternyata menyerap sejumlah kata dari bahasa lain, salah satunya adalah Bahasa Arab. Ini merupakan konsekuensi dari kejayaan peradaban Islam pada masa lalu, yang mewarnai dunia sejak abad ketujuh hingga sebelum perang dunia. 

Berikut ini adalah sejumlah kata dalam Bahasa Inggris yang ternyata berasal dari Bahasa Arab, sebagaimana dijelaskan dalam akun Twitter @BaytAlFann.

Baca Juga

1. Jumper. Asal katanya adalah jubbah dalam Bahasa Arab

Jubbah dalam bahasa Arab berarti mantel yang melindungi tubuh dari hawa dingin. Istilah jubbah diadopsi ke Bahasa Eropa dengan sebutan juppah. Artinya, pakaian dari sutera yang berharga. Istilah ini masuk ke Eropa dari Italia pada abad ke-11. Kini menjadi jumper yang berarti baju switer.

2. Admiral. Asal kata Arabnya adalah amir 

Admiral merupakan pangkat tertinggi dalam satuan angkatan laut. Istilah ini digunakan di banyak kawasan. Ini berasal dari kata amir dalam Bahasa Arab yang berarti komandan. Istilah amir diadopsi ke Bahasa Inggris melalui Prancis dan Latin.

3. Serendipity. Asal kata Arabnya adalah sirindib 

Penyebutan Sirindib pertama kali menandakan tempat yang nama Sirindib, yang terdapat dalam kisah 1001 malam. Ini merupakan penyebutan lama nama pulau Sri Lanka. Kata Serendipity dalam Bahasa Inggris berarti penemuan yang disengaja yang dibuat oleh penulis Horace Walpole pada tahun 1754.

4. Cotton. Dalam bahasa Arab disebut qutun

Meski sudah ada pada masa Romawi, penyebutan cotton dan fabric yang juga berarti bahan itu diimpor dari para pedagang Arab, yang datang ke Eropa pada abad pertengahan.

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement