Selasa 20 Jun 2023 14:17 WIB

Ini yang Perlu Dilakukan ketika Kita Bermimpi Indah

Mimpi bisa menjadi isyarat ilahi untuk kehidupan makhluk.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa setelah mendapatkan mimpi baik.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi berdoa setelah mendapatkan mimpi baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam tidurnya, seseorang terkadang bermimpi baik dan ada yang buruk. Islam mengajarkan umatnya untuk melakukan beberapa langkah penting ketika seseorang mendapatkan mimpi baik yang didapat dari Allah ﷻ.

"Sayangnya walaupun kita kerap mengalaminya, belum banyak orang yang mengetahui aturan Islam terkait hal ini.

Baca Juga

Sebagai agama yang sempurna, ajaran Islam ternyata juga memiliki aturan main terkait urusan mimpi," kata Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustadz Abdullah Zaen Lc.,MA, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

Ustadz Abdullah menjelaskan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

«إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يُحِبُّهَا، فَإِنَّمَا هِيَ مِنَ اللَّهِ، فَلْيَحْمَدِ اللَّهَ عَلَيْهَا وَلْيُحَدِّثْ بِهَا»

“Jika salah seorang dari kalian bermimpi melihat sesuatu yang disukainya, sungguh itu dari Allah. Maka hendaklah ia memuji Allah atas mimpi tersebut dan menceritakannya”. HR. Bukhari (no. 6985) dari Abu Sa’id al-Khudriy radhiyallahu ‘anhu.

Beliau juga menambahkan,

«الرُّؤْيَا الحَسَنَةُ مِنَ اللَّهِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يُحِبُّ فَلاَ يُحَدِّثْ بِهِ إِلَّا مَنْ يُحِبُّ»

“Mimpi baik itu dari Allah. Barang siapa di antara kalian bermimpi baik, hendaklah ia tidak menceritakannya kecuali kepada orang yang dicintainya”. HR. Bukhari (no. 7044) dan Muslim (no. 2261) dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu.

Ustadz Abdullah mengungkapkan, dari hadits di atas dan nas-nas lainnya, bisa disimpulkan bahwa aturan saat bermimpi baik adalah sebagai berikut:

Pertama: Senang dan Tidak Tertipu

Ketika bermimpi baik, seyogyanya muslim merasa senang dan bergembira. Namun ia tidak boleh tertipu dan besar kepala. Demikian arahan sebagian ulama salaf. Misalnya seseorang mimpi masuk surga. Maka mimpi ini harus menjadi motivasi untuk semakin giat beramal salih. Bukan malah sebaliknya, membuat malas beramal, dengan asumsi bahwa ia sudah pasti masuk surga.

Ibn Sirin rahimahullah pernah ditanya tentang takwil seratus mimpi. Semuanya tidak ada yang dijawabnya. Namun beliau hanya berkata, “Bertakwalah kepada Allah. Jalankanlah kebaikan. Sungguh apa yang kau lihat dalam mimpimu tidak akan membahayakanmu”.

Kedua: Memuji Allah

Sebab mimpi baik tersebut merupakan karunia dari Allah ta’ala. Maka sangat wajar bila muslim bersyukur kepada-Nya atas karunia mimpi yang menyenangkan itu. Datangnya mimpi itu bisa tujuannya adalah memberikan kabar gembira atas kebaikan yang akan didapatkan, atau peringatan dari keburukan yang mungkin bisa menimpanya, atau arahan untuk memilih langkah yang semestinya diambil saat ia butuh mengambil keputusan.

Ketiga: Menceritakannya kepada orang yang baik

Ketika bermimpi baik, seyogyanya muslim menceritakan mimpi tersebut kepada orang-orang baik. Yaitu mereka yang telah dikenalnya biasa saling memotivasi dan membantu dalam kebaikan. Sehingga mimpi baik itu menjadi sebab bertambahnya kebaikan dan istiqamah dalam menjalankannya.

Keempat: Tidak menceritakannya kepada orang yang tidak baik

Saat ingin menceritakan mimpi baik tersebut, seharusnya muslim tidak sembarangan dalam memilih orang yang akan diceritainya. Supaya tidak mengakibatkan hal-hal yang tak diinginkan. Seperti munculnya hasad, iri, dengki dan yang semisal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement