Sabtu 17 Jun 2023 04:00 WIB

Nyamuk Paling Demen Sama Orang dengan Golongan Darah Tipe Ini

Ada beberapa faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Nyamuk menghisap darah (Ilustrasi). Ada beberapa faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia.
Foto: Reuters
Nyamuk menghisap darah (Ilustrasi). Ada beberapa faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia. Salah satu faktor yang mungkin jarang disadari adalah golongan darah.

"Nyamuk lebih menyukai golongan darah tertentu," ujar Dr Amir Khan dalam acara Lorraine di ITV, seperti dilansir Express pada Jumat (16/6).

Baca Juga

Menurut dr Khan, golongan darah yang paling disukai oleh nyamuk adalah golongan darah O. Golongan darah kedua yang disukai oleh nyamuk adalah A.

"Yang paling tidak mereka sukai adalah golongan darah B," jelas dr Khan.

Hal serupa juga diungkapkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Medical Entomology. Studi ini menyoroti preferensi nyamuk macan Asia dalam menggigit manusia berdasarkan golongan darah yang dimiliki oleh manusia.

Studi ini juga menemukan bahwa golongan darah O merupakan golongan darah yang paling disukai nyamuk. Akan tetapi, beragam studi lain mengindikasikan bahwa golongan darah bukan satu-satunya faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia.

Menurut banyak ahli, faktor yang lebih menarik perhatian nyamuk adalah aroma tubuh dan mikrobiota pada kulit. Faktor lain yang juga dapat menarik minat nyamuk untuk menggigit seseorang adalah jenis kelamin. Menurut dr Amir, nyamuk cenderung lebih sering menggigit wanita dibandingkan pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement