Rabu 14 Jun 2023 05:02 WIB

Apakah Ruh Melihat Jasad Ketika Dikuburkan?

Ruh yang dicabut oleh malaikat dari jasad akan menghadapi sejumlah pertanyaan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Apakah Ruh Melihat Jasad Ketika Dikuburkan?. Foto: Suasana saat penggalian kuburan (ilustrasi).
Foto:

Maka para malaikat menunjukan pada roh itu tempatnya di surga sampai jasadnya selesai dimandikan. Apabila telah dimandikan mayit itu, dan dikafani, maka ruh itu dikembalikan berada di antara kafan dan jasad mayit tersebut. Maka ketika dibawa mayit di atas keranda, sesungguhnya mayit akan mendengar ucapan orang-orang yang berkata baik tentangnya, dan orang-orang yang berkata buruk tentangnya. Maka ketika mayit sampai ke kuburnya ruh kembali ke dalamnya, kemudian datang dua malaikat yang akan bertanya kepada mayit.

Dari keterangan di atas, dapat disimpulkan juga bahwa ruh mendengar percakapan orang-orang yang masih hidup tentang dirinya. Ia mendengar setiap orang yang berkata baik tentang dirinya, dan ia juga mendengar perkataan-perkataan buruk orang-orang terhadap dirinya. Oleh karena itu dalam Islam, dilarang untuk berkata-kata buruk terhadap orang yang sudah meninggal.

Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW:

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَسُبُّوا الْأَمْوَاتَ فَإِنَّهُمْ قَدْ أَفْضَوْا إِلَى مَا قَدَّمُوا وَرَوَاهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْقُدُّوسِ عَنْ الْأَعْمَشِ وَمُحَمَّدُ بْنُ أَنَسٍ عَنْ الْأَعْمَشِ تَابَعَهُ عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ وَابْنُ عَرْعَرَةَ وَابْنُ أَبِي عَدِيٍّ عَنْ شُعْبَةَ

Telah menceritakan kepada kami Adam telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Al A'masy dari Mujahid dari Aisyah radliallahu 'anha berkata: Nabi SAW telah bersabda: "Janganlah kalian mencela mayat karena mereka telah sampai (mendapatkan) apa yang telah mereka kerjakan". Dan diriwayatkan oleh Abdullah bin 'Abdul Quddus dari Al A'masy dan Muhammad bin Anas dari Al A'masy yang dikuatkan oleh 'Ali bin Al Ja'di dari Ibnu'Ar'arah dari Ibnu 'Adiy dari Syu'bah.

photo
Infografis Tiga Kondisi Doa - (Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement